Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman


Selasa, 07 Januari 2020 - 15:19:15 WIB
Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman Ahmad Subur, ST saat dilantik Bupati Pasaman, Yusuf Lubis sebagai Direktur PDAM Pasaman, masa jabatan 2020-2025

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --Segudang persoalan dalam tubuh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pasaman menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan oleh direktur baru di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. 

Tak terkecuali bagi nakhoda baru PDAM Pasaman, Ahmad Subur, ST yang baru saja dilantik oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Senin (6/1/2019) untuk masa jabatan 2020-2025.

Dari catatan harianhaluan.com, PDAM Pasaman memiliki ‘penyakit’ serius yang harus segera ditangani secepatnya oleh direktur baru. Diantaranya, tunggakan hutang pelanggan yang mencapai Rp 10,7 miliar.

Akibat dari tunggakan rekening pelanggan tersebut, PDAM Pasaman memutus 2.000 unit sambungan air ke pelanggan sepanjang 2019. Kondisi ini membuat PDAM merugi tiap tahunnya. 

Belum lagi persoalan kualitas air bersih yang jauh dari kata layak konsumsi serta tingkat kepuasan pelanggan yang rendah terhadap perusahaan pelat merah tersebut. Hal ini sangat banyak dikeluhkan oleh pelanggan.

Kepada media ini, Ahmad Subur berjanji bakal menyelesaikan sejumlah persoalan yang tengah merundung perusahaan yang ia pimpin tersebut ke depannya. 

"Sejumlah masalah perlu dibenahi secara bertahap, demi memajukan perusahaan ini ke depan. Diantaranya, peningkatan pelayanan ke pelanggan, produksi dan kualitas air serta pembenahan manajemen," ujar Ahmad Subur saat dihubungi, Selasa. 

Menurut mantan Fasilatator Pamsimas Pasaman ini, sejumlah masalah tersebut sangat urgen untuk diselesaikan dan menjadi atensi pihaknya saat ini. 

"Utamanya masalah kualitas air. Karena ini banyak yang dikeluhkan pelanggan. Baru setelah itu menyelesaikan persoalan tunggakan rekening air oleh pelanggam," beber Subur. 

Sebelumnya, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, harapan besar tertompang kepada direktur terpilih untuk bekerja lebih baik lagi dalam meningkatkan kinerja PDAM sebagai perusahaan daerah (Perusda) Kabupaten Pasaman yang melakukan pelayanan dasar penyediaan air minum dan air bersih bagi masyarakat.

"PDAM Pasaman kini telah melayani sambungan aktif sebanyak 18.700 sambungan rumah, dengan cakupan pelayanan sebesar 69,7% dari total jumlah penduduk daerah layanan," katanya.

Diingatkan bupati, masih banyak yang perlu dibenahi oleh PDAM ke depan, terutama masalah kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas pelayanan air kepada masyarakat, termasuk penanganan gangguan pada saat curah hujan tinggi.

"Kepada internal perusahaan, dipesankan agar menciptakan suasana kerja yang kondusif dan saling bekerja sama, mengacu pada manajemen dan tata kelola perusahaan yang baik serta bertanggung jawab," tekan Bupati. 

Bupati juga menegaskan PDAM harus lebih terbuka dalam menerima kritikan dan saran, demi menjadikan perusahaan ini lebih baik. 

"Jadilah perusahaan yang melayani dan cepat tanggap, serta mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban sebagai pelanggan," ujar Yusuf Lubis. (h/yud)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]