Sikap Menhan Prabowo Kala China Klaim Natuna RI


Jumat, 03 Januari 2020 - 13:47:45 WIB
Sikap Menhan Prabowo Kala China Klaim Natuna RI Prabowo Sambut Kunjungan Dubes Korea (Screenshot twitter @KemhanRI

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Situasi yang memanas di Natuna, Kepulauan Riau membuat Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto bicara. Sebelumnya, China mengklaim perairan ini sebagai teritorinya, bahkan membiarkan kapal ikan dan penjaga pantai masuk ke Natuna.

Komentar Prabowo itu disampaikan Staf Khusus Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Kamis (2/1/2020). "Pak Prabowo seperti sudah menyampaikan pada pertemuan ADMM di Bangkok, menyatakan bahwa pembicaraan code of conduct (CoC) terkait sengketa Laut China Selatan harus dilakukan dan dituntaskan," katanya seperti dilansir detik.com.

Pertemuan ADMM di Bangkok yang dimaksud adalah Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN pada 18 November 2019.

"Agar tidak mengganggu hubungan perdagangan dan diplomatik antarnegara, termasuk dengan negara ASEAN lain. Dan tentu posisi Indonesia seperti yang telah disampaikan menlu mempertahankan kedaulatan di Zona Ekonomi Eksklusif tersebut sebagai wilayah laut Indonesia," katanya lagi mewakili sikap Prabowo.

"Beliau (Prabowo) akan berkoordinasi dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan TNI AL terkait hal tersebut."

Kementerian Luar Negeri RI telah merilis siaran pers pada Rabu (1/1/2020). Di mana RI membantah keras klaim China atas laut Natuna.

Menurut pemerintah, klaim China adalah klaim sepihak (unilateral). Klaim itu tidak memiliki dasar hukum dan tidak pernah diakui oleh United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS) atau Konvensi Hukum Laut PBB 1982?.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemlu China Geng Shuang telah menyampaikan tanggapan atas dipanggilnya protes RI yang sudah dilayangkan sejak Senin (30/12/2019) yang berujung pada pemanggilan Dubes China oleh Kemlu.

Menurut Geng, perairan di sekitar Kepulauan Nansha (Spratly Islands) masih menjadi milik China. Dubesnya di Jakarta juga menegaskan itu ke Kemlu RI. (h/cnbc)

loading...
 Sumber : CNBC /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]