Luhut Minta Eropa Jangan Dikte RI


Rabu, 18 Desember 2019 - 09:23:59 WIB
Luhut Minta Eropa Jangan Dikte RI Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Uni Eropa melaporkan Indonesia atas kebijakan pelarangan ekspor bijih nikel (nickel ore) ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). Pemerintah siap menghadapi gugatan tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali menegaskan bahwa pemerintah tak gentar dengan gugatan tersebut.

Dia menegaskan bahwa kebijakan itu dibuat demi menjaga perekonomian Indonesia sendiri. Luhut menegaskan bahwa Indonesia tak bisa didikte.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja ke Tanzania, Afrika Timur, dilansir dari keterangan resmi, Selasa (17/12/2019).

"Selama ini ekspor nickel ore terbesar sebesar 98% ke Tiongkok, sedangkan Eropa hanya 2%. Jadi bagaimana dibilang saya bela Tiongkok? Jangan pernah negara manapun dikte kebijakan Indonesia," tegasnya.

Luhut menerangkan, Indonesia melakukan kebijakan itu lantaran akan memproduksi nickel ore sampai turunannya seperti lithium battery yang dibutuhkan untuk kendaraan listrik.

Menurutnya tujuan itu dilakukan demi kemajuan perekonomian RI. Sebab bukan hanya akan menghasilkan nilai tambah sampai jutaan dolar saja, namun juga menyerap tenaga kerja lokal.

Sebelum melakukan kunjungan ke UEA dan Afrika, beberapa waktu lalu Luhut memimpin rapat koordinasi terkait penyelundupan nickel ore. Rapat ini dihadiri oleh Kementerian ESDM, TNI Angkatan Laut, Bakamla, KPK, dan Bea Cukai, dengan menghasilkan keputusan akan membatalkan izin perusahaan yang tetap melakukan ekspor.

Luhut menyatakan KPK akan dilibatkan untuk melakukan pencegahan. Jika memang diduga ada pelanggaran maka KPK harus menangkap pelaku penyelundupan.

"Jadi program pencegahan bisa kita lakukan sampai jutaan dolar," jelas Luhut.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 10:07:00 WIB

    Luhut Buka-bukaan, Sebut 3 Bank Ini Goyang

    Luhut Buka-bukaan, Sebut 3 Bank Ini Goyang HARIANHALUAN.COM - Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal reformasi sistem keuangan yang saat ini tengah difinalisasi pemerintah melalui sebuah Perppu [Peraturan Pemerintah Penggan.
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 15:02:59 WIB

    UMKM Ayo Bertansformasi, Luhut: Jangan Cuma Jual Makanan dan Pakaian!

    UMKM Ayo Bertansformasi, Luhut: Jangan Cuma Jual Makanan dan Pakaian! HARIANHALUAN.COM - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Luhut meminta pengusaha UMKM bisa memproduksi barang-barang yang bisa disuplai untuk industri teknologi tinggi. Pasalnya, UMKM di beberapa negara sud.
  • Sabtu, 29 Agustus 2020 - 08:51:51 WIB

    Bangun Wisata Medis, Luhut Ingin Rumah Sakit & Dokter Asing Ramai-ramai Masuk RI

    Bangun Wisata Medis, Luhut Ingin Rumah Sakit & Dokter Asing Ramai-ramai Masuk RI HARIANHALUAN.COM - Sejalan dengan rencana pemerintah untuk memperbolehkan dan mengizinkan dokter asing lebih banyak di Indonesia, maka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Binsar Pandja.
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 21:36:10 WIB

    Luhut Optimis Pasar Laut Indonesia Bisa Bangkitkan Produk UMKM

    Luhut Optimis Pasar Laut Indonesia Bisa Bangkitkan Produk UMKM HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program Pasar Laut Indonesia yang akan menjadi payung program bagi UMKM unggulan KKP untuk dipromosikan sebagai bagian dari program Ba.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 00:01:39 WIB

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh pelaku usaha harus mematuhi Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjual.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]