PT AMP Lepas  200 Tenaga Kerja ke Malaysia


Rabu, 25 September 2019 - 11:29:54 WIB
PT AMP Lepas  200 Tenaga Kerja ke Malaysia FOTO bersama  200 TKI dengan Dirut PTAndalan Mitra Prestasi dan tamu undangan penting lainnya. SILVI

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama PT Andalan Mitra Prestasi (PT AMP) P, Tafyani Kasim melepas 200 TKI asal Sumbar ke Syarikat Hartalega Sdn Bhd Negara Malaysia, Selasa (24/9). Turut hadir dalam pelepasan ini Kepala Disnakertrans Sumbar, Nasrizal, Kepala BP3TKI Padang Lismia Elita, pejabat Imigrasi dari Padang dan Agam, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, dan tamu-tamu penting lainnya.

Dirut PT AMP,Tafyani Kasim dalam sambutannya mengatakan, PT AMP adalah perusahaan yang menempatkan TKI Indonesia sesuai aturan undang-undang ketenagakerjaan. “Hari ini bisa kita saksikan pejabat dari instansti terkait peduli dan hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bukti dukungan kepada tenaga kerja migran asal Sumbar ini. Semoga ke depan PT andalan Mitra Prestasi bersama Disnakertrans dan BP3TKI bersama- sama mengurangi angka pengangguran di Sumbar,” sebutnya.

Keberangkatan 200 TKI ke Syarikat Hartalega Sdn Bhd Negara Malaysia ini, sebutnya, patut  diapresiasi. Pasalnya, PT AMP memberangkatkan tenaga kerja tanpa biaya dan tanpa ada pemotongan gaji.

Kontrak pertama dari perusahaan ini yaitu selama 2 tahun. Perpanjangan kontrak bisa sampai 10 tahun. Dan gaji yang diterima TKI mencapai Rp6 juta. Angka ini cukup untuk untuk mengubah perekonomian keluarga TKI tersebut. “Namun kendala kita hari ini yaitu birokrasi kita yang cukup panjang. Oleh sebab itu ke depan diharapkan Imigrasi Sumbar bisa lebih mempermudah syarat pengurusan dokumen seperti paspor. Karena mereka ini adalah pahlawan devisa. Mereka berkontribusi terhadap Negara,” sebut Tafyani Kasim lagi.

Setelah memberangkatkan 200 TKI ini, lanjut Tafyani, akan ada lagi 600 TKI laki-laki yang akan diberangkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disnakertrans Sumbar,Nasrizal mengatakan bahwa bekerja di dalam negeri sudah biasa. Namun bekerja di luar negeri adalah pertarungan untuk berkompetisi dengan pekerja asing lainnya seperti Bangladesh, Myanmar dan Vietnam. “Keunggulan tenaga kerja kita dari tenaga kerja asing yaitu dari segi bahasa tidak ada halangan untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu kesempatan untuk TKI cukup besar di Malaysia,” sebutnya.

Namun Nasrizal berpesan kepada tenaga kerja migran asal Sumbar untuk membatasi diri, menjaga moral dan kehormatan bangsa.

Tahun ini Pemprov Sumbar sudah melatih 9 ribu orang dengan kemampuan dasar supaya mereka bisa berkembang. Diharapkan tahun depan menjadi 20 ribu orang. Untuk pekerja yang akan berangkat, tolong memahami undang-undang No 18 tahun 2018 tentang tenaga kerja migran,karena ini menyangkut hak dan kewajiban,” ujarnya lagi.

Kepala BP3TKI Padang, Lismia Elita dalam wawancara dengan media mengatakan, penempatan tenaga kerja saat ini berada pada tahap tingkatan formal. Sedangkan secara informal seperti asisten rumah tangga belum ada.

Alhamdulillah. Dari Sumbar, peminat kita untuk penempatan formal dan profesional tidak hanya ke Malaysia, namun juga ke Jepang, dan Korea. Ke depan, kita berharap tidak hanya ke Malaysia, namun tenaga kerja asal Sumbar bisa diberangkatkan juga ke Jepang, Korea, Taiwan,” ujarnya.

 

Salah satu orangtua TKI yang akan berangkat asal Agam, Yusni ketika diwawancara Haluan mengatakan harapan yang  mendalam kepada anaknya yang akan bekerja di Malaysia. “Mudah-mudahananak saya bisa bekerja dengan baik di negeri orang,” ujarnya.

 

Pada acara tersebut diserahkan secara simbolik dokumen keberangkatan oleh Kepala Disnakertrans Padang dan Kepala BP32TKI Padang dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai asuransi perlindungan  tenaga kerja oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan. Acara  ditutup dengan foto bersama  200 TKI dengan Dirut PTAndalan Mitra Prestasi dan tamu undangan penting lainnya. (h/sil)

 

 

 

 

 

 

loading...
Reporter : Silvia Oktarice /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]