Kerusuhan Papua Libatkan Aktor Luar Negeri


Jumat, 06 September 2019 - 22:31:58 WIB
Kerusuhan Papua Libatkan Aktor Luar Negeri Kerusuhan Papua beberapa waktu lalu. (Cnni)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Libatkan aktor oknum dari dalam dan luar negeri, kerusuhan di Papua dan Papua Barat telah dirancang hingga 1 Desember 2019 untuk menarik perhatian dunia.

Salah satu kegiatan dari agenda yang dirancang tersebut adalah dengan melakukan aksi unjuk rasa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan hal itu di Mabes Polri, Jumat (6/9/2019) seperti dikutip dari sinarharapan.

Ia menjelaskan kerusuhan yang didesain tersebut dilakukan oleh oknum dari dalam negeri dan luar negeri.

 Tujuannya adalah dibawa pada Sidang HAM yang akan berlangsung di Jenewa, Swiss, pada 9 September dan Sidang Umum PBB pada 23-24 September di New York.

"Yang mendesain ini tidak hanya di dalam negeri tapi luar negeri juga. Karena targetnya mereka tetap agenda internasional menjadi perhatian dari kelompok tersebut," ujarnya.

Dedi menyebutkan, kelompok tersebut ingin memunculkan isu-isu terkait Papua yang dapat ditarik ke pembahasan internasional.

"Agenda setting itulah yang akan mereka desain memunculkan isu-isu Papua, isu tentang HAM, isu kerusuhan, isu rasisme, itu diangkat kelompok tersebut meski enggak ada agenda tentang itu," tuturnya.

Dedi mengatakan dari sisi internasional, kelompok tersebut ingin membawanya ke sidang PBB, sedangkan untuk di dalam negeri ingin dibawa pada momentum 1 Desember.

"Itu harus betul-betul diantisipasi secara maksimal," dia menambahkan.*

loading...
 Sumber : SH /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 00:27:22 WIB

    Kerusuhan Berdarah India, Zakir Naik Serukan Ulama Dunia Jihad

    Kerusuhan Berdarah India, Zakir Naik Serukan Ulama Dunia Jihad JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Protes menuntut amandemen undang-undang kewarganegaraan yang berujung pada tindakan rasisme di India menuai perhatian pengkhotbah Zakir Naik. Pengkhotbah asal India tersebut menyerukan para ulama d.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 17:46:46 WIB

    Begini Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe

    Begini Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Sumatera Utara. Kerusuhan dipicu penolakan narapidana saat petugas melakukan razia narkoba di sel tahanan..
  • Selasa, 19 November 2019 - 23:19:23 WIB

    Anggota DPD RI Alirman Sori Bentuk Pansus Kerusuhan Wamena

    Anggota DPD RI Alirman Sori Bentuk Pansus Kerusuhan Wamena Anggota DPD RI Alirman Sori Bentuk Pansus Kerusuhan Wamena PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan keluarga Pesisir Selatan (IKPP), Alirman Sori menyerahkan bantuan sebesar Rp85 juta kep.
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 06:36:20 WIB

    Kerusuhan di Calon Ibukota RI, Polisi dan TNI Jaga Pelabuhan Penajam

    Kerusuhan di Calon Ibukota RI, Polisi dan TNI Jaga Pelabuhan Penajam JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Suasana masih terasa mencekan pasca kerusuhan di calon Ibukota RI,di Kelurahan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.  Sejumlah  petugas dari Kepolisian dan  TNI terpantau masih berjaga di jalan de.
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 14:52:31 WIB

    Korban Kerusuhan Wamena Ini Masih Trauma Lihat Perkosaan dan Pembakaran

    Korban Kerusuhan Wamena Ini  Masih Trauma Lihat Perkosaan dan Pembakaran JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Meski telah dipulangkan ke rumahnya di Kabupaten Blora, satu keluarga korban kerusuhan di Wamena, Papua mereka mengaku masih trauma dengan kejadian tersebut..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]