Sawahlunto Ukir Sejarah, Politisi Perempuan Eka Wahyu Pegang Tiket Ketua DPRD


Kamis, 25 Juli 2019 - 14:42:18 WIB
Sawahlunto Ukir Sejarah, Politisi Perempuan Eka Wahyu Pegang Tiket Ketua DPRD Eka Wahyu,juga pehobi motor antik. (FADIL)

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Kota (DPK) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kota Sawahlunto, Eka Wahyu dipastikan akan memimpin DPRD Kota Sawahlunto, untuk periode 2019 - 2024.

Hal itu tidak terlepas dari hasil pleno DPC PKPI Sawahlunto, yang digelar pertengahan pekan ini. Sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak dalam pemilu legislatif Sawahlunto, 27 Juni lalu, kader PKPI Sawahlunto berhak atas 'tiket' untuk menduduki kursi Ketua DPRD Sawahlunto.

"Hasil pleno DPK PKPI Sawahlunto kemarin, menetapkan saudari Eka Wahyu sebagai pimpinan dewan. Hasil pleno ini juga sudah diajukan untuk mendapatkan rekomendasi Ketua Umum PKPI pusat," ungkap Adrizal, Sekretaris DPK PKPI Sawahlunto kepada Haluan, Kamis (25/7).

Adrizal mengungkapkan, hasil pleno itu ditetapkan dengan pertimbangan 4 indikator penilaian terhadap 3 anggota dewan terpilih Kota Sawahlunto, yang telah ditetapkan KPU Kota Sawahlunto, yakni Eka Wahyu, Masrisal, dan Masril.

Keempat indikator tersebut, masa kartu tanda anggota partai, jabatan struktural partai, perolehan suara individu, serta dukungan pengurus  partai di tingkat kota dan kecamatan.

Untuk masa kartu tanda anggota partai, Eka Wahyu telah mencapai 11 tahun dan mendapatkan 110 poin, Masrisal dengan masa 6 tahun mendapatkan 60 poin, sedangkan Masril yang masih berstatus kader dengan masa 1 tahun mendapatkan 10 poin.

Selanjutnya nilai jabatan struktur partai, Eka Wahyu sebagai Wakil Bendahara dan Masrisal yang menjabat Ketua DPC sama sama meraih 60 poin. Sedangkan Masril dengan status kader mendapatkan 45 poin. 

Sementara terkait penilaian dari perolehan suara, setiap 100 suara diberikan 10 poin. Eka Wahyu meraup 1.261 suara mendapatkan 126,1 poin. Masrisal mendapatkan 111,2 poin dari 1.112  suara yang diperolehnya. Sedangkan Masril mendapatkan 59,2 dari 592 suara yang diraihnya.

Adrizal melanjutkan, sedangkan untuk dukungan pengurus kota dan kecamatan, Eka Wahyu tetap mendapatkan poin tertinggi dengan 80 poin. Sedangkan Masrisal mendapatkan 10 poin.

"Keseluruhannya, Eka Wahyu mendapatkan 376,1 poin, Masrisal 233,2 poin, dan Masril 114,2 poin.

Menurut Adrizal, penetapan Eka Wahyu sebagai pimpinan dewan yang diajukan PKPI melalui mekanisme yang terukur. Sehingga, selain mendapat persetujuan pengurus, ketiga anggota dewan yang rencananya akan dilantik 12 Agustus tersebut juga sama-sama membubuhkan tanda tangan persetujuan.

Eka Wahyu diperkirakan menjadi satu-satunya politisi perempuan PKPI di Indonesia yang akan mengemban amanah menjadi ketua di lembaga legislatif tingkat kabupaten maupun kota di nusantara.

"Harapan kami pengurus PKPI Sawahlunto, tentu saja saudari Eka Wahyu dapat memimpin parlemen dengan baik, serta menjadi lembaga yang benar-benar memperjuangkan aspirasi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Yulius Marcos, Wakil Sekretaris DPC PPP Sawahlunto, mengatakan partainya brlum menggelar rapat terkait penentuan pimpinan yang akan diajukan dari PPP sebagai partai peraih suara terbanyak kedua dalam pemilihan legislatif Kota Sawahlunto.

Namun demikian, menurut Marcos, jika dilihat dari struktur partai, tentu Sekretaris PPP Sawahlunto, Jaswandi, yang akan disepakati untuk diajukan menjadi pimpinan di dewan.

"Namun demikian, tentu keputusan pastinya sesuai mekanisme yang ada, yakni melalui rapat pleno partai PPP, yang rencananya kami gelar akhir pekan ini," tambah Marcos.

Sedangkan Partai Golkar, sudah jauh hari menetapkan Elfia Rita Dewi, Sekretaris DPD Golkar Sawahlunto yang kembali terpilih di daerah pemilihan Kecamatan Lembah Segar dan Silungkang.(h/dil)

loading...
Reporter : FADILLA JUSMAN /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]