DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir


Senin, 27 Mei 2019 - 15:02:16 WIB
DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra Senin (27/5) mewanti-wanti, anggota DPRD Kota Padang agar jangan sampai menjadikan dana pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai lahan proyek. "Jangan sampai ada anggota dewan yang menjadikan pokir sebagai lahan proyek. Itu tidak boleh," tegasnya.

Menurutnya, sebagai wakil rakyat, maka tugas anggota dewan adalah memperjuangkan pembangunan, khususnya di daerah pemilihannya "Salah satunya melalui dana pokir itu, sehingga program pembangunan yang dibutuhkan masyarakat bisa dilaksanakan," tegasnya. Dikatakannya, rakyat berhak menuntut kepada anggota dewan yang mewakili mereka untuk membawa kue pembangunan ke daerah mereka.

"Anggota dewan tak hanya sekedar membaca dan melihat buku APBD, tetapi bagaimana dia memutar otak membawa dana APBD itu ke daerah pemilihannya," tukasnya. Setelah dirinya tidak lagi menjabat anggota dewan, ungkap Wahyu, maka ia akan mengawasi setiap penggunaan dana APBD di Kota Padang melalui LSM yang akan ia bentuk. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang Amrizal Hadi mengingatkan, anggota dewan agar selalu berhati-hati dalam menggunakan dana pokir agar tidak timbul masalah berdampak hukum.

“Lakukan kordinasi dengan dinas terkait dan perangkat terkait jika ditemukan masalah,” tuturnya. Ia mewanti-wanti, agar anggota DPRD Kota Padang tidak bermain api, terutama dalam pelaksanaan kegiatan yang diusulkan melalui pokok-pokok pikiran anggota dewan. Ia berharap, anggota DPRD Kota Padang mengikuti aturan dan prosedur yang ada

Disamping itu, ia meminta Pemerintah Kota Padang menegakkan aturan dengan tegas dalam mengakomodir usulan anggota dewan. "Kalau usulan itu beresiko atau tak sesuai aturan, beri penjelasan kepada anggota dewan yang bersangkutan. Dalam pengusulan itu harus dilihat regulasi yang ada," pungkasnya. "Saya mengimbau kepada kawan-kawan anggota dewan, ketika sudah mengusulkan, serahkan pelaksanaan kegiatannya kepada pemko, jangan terlibat melaksanakan kegiatan itu, apalagi berfikiran soal fee," tegasnya.

loading...
Reporter : Ade Budi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]