TPS di Sumbar ada di Gedung Pertemuan, Perkarangan, Hingga Garase Mobil


Rabu, 17 April 2019 - 11:26:05 WIB
TPS di Sumbar ada di Gedung Pertemuan, Perkarangan, Hingga Garase Mobil RAMAI - Suasana TPS 47 di RW 15 Wisma Bumi Lestari Indah Korong Gadang, Kec. Kuranji Kota Padang terlihat ramai. Warga antusias menggunakan hak suaranya pada Pemilu 17 April 2019. (insert) TPS 10 Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara memanfaatkan garase mobil warga.di

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Hari ini, pesta demokrasi Indonesia digelar serentak di tanah air. Tepat pukul 08.00 wib, warga Kota Padang dan di berbagai daerah di Sumbar mulai bergerak menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tempat masing-masing.

Karena pemerintah menetapkan hari libur nasional saat Pemilu, warga yang telah berhak menggunakan hak suara antusias menuju TPS untuk memilih Pasangan Calon Presiden, Anggota Legislatif dan DPD.

Di Kota Padang, antusias warga cukup tinggi menuju TPS masing-masing, sehingga jalan-jalan utama yang biasanya tak luput dari macet mendadak sepi. Hal ini juga terlihat di titik-titik TPS cukup ramai, sehingga warga pemilih terpaksa antrian.

Petugas TPS pun terlihat sibuk melayani warga, karena ada TPS yang cukup represntatif seperti kantor pertemuan (Poskamling) dan perkarangan yang luas. Namun ada juga TPS di garase mobil masyarakat, seperti di TPS 10 Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara.

“Alhamdulillah, didukung cuaca yang cerah, Pemilu di RW 15 Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini lancar. Memang terlihat ramai dan antri, karena antusias warga cukup tinggi memilih,” kata Ketua RW 15 Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang By. Dalil kepada Haluan di TPS 47 di Gedung Pertemuan Komplek Wisma Bumi Lestari Indah Korong Gadang, Rabu (17/4).

Berbeda halnya di Payakumbuh, semangat Pemilu juga terlihat di TPS 10 Kelurahan Ikua Koto Dibalai Payakumbuh Utara. Di TPS ini, panitia pemungutan suara menggunakan garase mobil warga milik Yakni Nahar Sago (65) mantan wartawan senior Haluan, karena keterbatasan tempat.

"Sebelumnya, TPS disini berada di TK. Karena TK tidak layak lagi dan tidak ada lokasi luas lain yang dijadikan sebagai TPS, ya saya garasi mobil ini dijadikan TPS,"ucap Nahar.

Kondisi lingkungan sekitar lokasi TPS 10 itu, terbilang cukup padat dan kawasan padat penduduk. Sekeliling, tidak ada lokasi yang terbebas dari bangunan perumahan warga. Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Payakumbuh Utara, Yopi Putra mengatakan, ada beberapa TPS yang memanfaatkan garasi mobil milik warga.

Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal mengatakan, ada dua kategori TPS di Pemilu 2019 ini. Yaitu TPS terbuka seperti di halaman rumah warga, lapangan olahraga serta berbagai lokasi lainnya ya g disulap jadi tempat pemungutan suara. Dan TPS tertutup seperti didalam ruangan.

Sedangkan, Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Payakumbuh Muhammad Khadafi menjelaskan, untuk TPS memiliki ukuran setidaknya 8 kali 10 meter. "Untuk satu TPS, ukurannya 8 kali 10 meter,"ucap Khadafi. Selama proses pemilihan berlangsung, kedua TPS tersebut terlihat lancar dan kondusif. (h/ddg)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 April 2019 - 19:09:28 WIB

    Partisipasi Pemilih Tak Cukup 50% di PSU Pilpres TPS 11 Muarokalaban Sawahlunto

    Partisipasi Pemilih Tak Cukup 50% di PSU Pilpres TPS 11 Muarokalaban Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 11 Desa Muarokalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto berjalan lancar dan aman, Sabtu (27/4). Namun disayangkan kehadiran pemilih untuk menggunakan hak .
  • Sabtu, 27 April 2019 - 14:23:07 WIB

    Di Bukittinggi, PSU TPS 07 Pulai Anak Air Digelar di Kantor Lurah

    Di Bukittinggi, PSU TPS 07 Pulai Anak Air Digelar di Kantor Lurah BUKITTINGGI, HALUAN - Pemunggutan Suara Ulang (PSU) di TPS 07 Kelurahan Pulai Anak Air Kecamatan Manggis Koto Selayan (MKS) berjalan lancar. PSU tersebut dilaksanakan di kantor Lurah Pulai Anak Air, Sabtu (27/4). Dari data KP.
  • Sabtu, 27 April 2019 - 11:16:50 WIB

    TPS 11 Jorong Sinonoan Lakukan Pencoblosan Ulang

    TPS 11 Jorong Sinonoan Lakukan Pencoblosan Ulang PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - TPS 11 di Jorong Sinonoan 1, Nagari Bahagia Padang Gelugua, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman merupakan satu dari 101 TPS yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Sumbar..
  • Sabtu, 27 April 2019 - 10:06:28 WIB

    Hanya 29 TPS di Jawa Tengah Laksanakan PSU, Terbanyak di Kota Semarang 

    Hanya 29 TPS di Jawa Tengah Laksanakan PSU, Terbanyak di Kota Semarang  SEMARANG, HARIANHALUAN.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah hariS abtu  ini menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di 29 TPS yang menyebar di beberapa Kabupaten-Kota. Terbanyak di Kota Semmarang dengan 6 TPS..
  • Sabtu, 27 April 2019 - 09:48:54 WIB

    18 TPS di Jawa Timur Laksanakan PSU Sabtu Ini

    18 TPS di Jawa Timur Laksanakan PSU Sabtu Ini  SURABAYA, HARIANHALUAN.COM- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Choirul Anam, menegaskan 18 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Jawa Timur n menggelar pemungutan suara ulang (PSU), dan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]