Kejar Kerugian Negara, BPK Sumbar Akan Bertindak Lebih Garang


Kamis, 17 Mei 2018 - 11:44:10 WIB
Kejar Kerugian Negara, BPK Sumbar Akan Bertindak Lebih Garang BPK

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar akan memakai konsep pemeriksaan menyeluruh (totally lost) dalam penghitungan kerugian negara. Metode ini dipastikan mangkus untuk mengetahui adanya permainan-permainan kotor dalam pengelolaan keuangan negara.

Dijelaskan Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo, dengan penerapan pemeriksaan menyeluruh akan dengan mudah mengetahui kerugian negara, karena BPK tidak lagi menghitung sebagian tapi secara menghitung dengan detail hingga ke penggunaan.

Misalnya kata Pemut, ketika pemerintah daerah dalam kontraknya ingin membeli mobil merk Estrada double gardan dengan estimasi harga Rp400 juta dengan kegunaan untuk medan berat, namun dalam realisasinya Pemda malah membeli mobil merk Innova dengan harga Rp200 juta maka dengan pemeriksaan menyeluruh, akan terlacak. Ujungnya, Pemda harus mengendalikan uang senilai mobil merk Estrada seutuhnya.

“Jadi, dengan pendekatan ini kami tidak akan lagi menghitung berapa selisih dari harga pembelian mobil tersebut dengan anggaran yang dialokasikan. Intinya, kalau gak sanggup kembalikan kerugian negara seharga mobil merk Estrada atau mobilnya kami sita,” kata Pemut saat jumpa media di Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar, Rabu (16/5).

Pendekatan ini, kata Pemut akan diterapkan dalam penghitungan aset pemerintah daerah. Dalam pembangunan jalan contohnya, BPK hanya perlu melakukan pengecekan dengan berpedoman kepada kontrak yang telah tertera. Kalau pengerjaannya tidak sesuai dengan kontrak, maka BPK akan meminta pihak tersebut untuk mengembalikan total kerugian dari proyek itu.

 “Kalau dalam kontrak itu ketebalannya 3 cm namun setalah dicek yang dibangun hanya 2 cm maka kami akan meminta pihak tersebut mengganti senilai uang dalam kontrak atau bangunkan jalan sebesar nilai kontrak,” ujarnya didampingi didampingi Kepala Subauditorat Sumbar I, Indria Syznia, Kepala Subauditorat Sumbar II, Hari Fitriano, Kepala Sekretariat Perwakilan, Zaini Arief Budiman, Kepala Subbagian Hukum, Ronni Akbar, dan Kepala Subbagian Humas dan TU Kalan, Rita Rianti.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:51:56 WIB

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap HARIANHALUAN.COM - Terpidana kasus penipuan ratusan juta rupiah berhasil ditangkap setelah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama Tim Kejakaaan Tinggi Sumatera Barat dan Kejaksaan Negeri Sawa.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 22:29:12 WIB

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial HARIANHALUAN.COM - 22 Juli mendatang merupakan hari istimewa bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh. Kenapa tidak, pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kejaksaan di Republik Indonesia, 60 tahun silam. Karena itu, .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 21:58:52 WIB

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) termasuk satu dari tujuh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satuan kerja (Satker) menuju Wilayah Bebas .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Selasa, 14 April 2020 - 18:51:37 WIB

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa?

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa? BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi secepatnya meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Bukittinggi terkait pergeseran (refusing) anggaran APBD yang akan digunakan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak C.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]