BANTU PETANI DI SUMBAR

Dosen PNP Ciptakan Alat Pertanian Inovatif


Sabtu, 09 September 2017 - 01:05:47 WIB
Dosen PNP Ciptakan Alat Pertanian Inovatif ALAT PELUBANG PLASTIK—Mahasiswa PNP Padang memperagakan penggunaan alat pelubang plastik mulsa pertanian yang efektif dan efisien di kampus tersebut, Jumat (8/9). Diharapkan alat ini bisa membantu petani di Sumbar dalam mengejar swasembada pangan. IST

PADANG, HALUAN – Untuk memudahkan petani melubangi plastik mulsa yang digunakan dalam menanam sayuran, tim dosen dan mahasiswa Politkenik Negeri Padang (PNP) menciptakan alat untuk melubang mulsa. Penemuan alat ini diharapkan akan mempermudah para petani dalam bertanam sayuran dan palawija.

Dosen Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro, PNP, Roza Susanti, mengatakan, penggunaan mulsa plastik sudah menjadi standar umum dalam produksi tanaman sayuran yang bernilai ekonomis tinggi, baik di negara-negara maju maupun di negara berkembang seperti   Indonesia. Proses penanaman tanaman hortikultura sering memerlukan plastik mulsa sebagai pelindung media tanam. Sebelum bibit ditanam, perlu dibuat lubang pada plastik  tersebut.

Petani  membuat  lubang  dengan  alat  kaleng  diisi  bara  api kemudian ditempelkan pada plastik sehingga meleleh dan terbentuk lubang. Sikap kerja petani berdiri membungkuk sehingga cepat lelah, nyeri pada otot skeletal, dan produktivitas rendah. Diperlukan solusi terhadap permasalahan tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani,” ujarnya di Padang, Jumat (9/9).

Dosen Teknik Listrik, jurusan Teknik Elektro, PNP, Antoni, mengutarakan, hal itulah yang melatarbelakangi dibuatnya sebuah alat pelubang plastik mulsa yang sangat aman dan efesien waktu. Alat ini dibuat dengan sistem otomatis dengan menggunakan beberapa sensor jarak dan beberapa penggerak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat pelubang plastik mulsa yang sesuai standar yang di rancang aoutomatis yang efesien.

“Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah merancang dan membuat alat sistem pelubang plastik mulsa yang di lakukan dengan pengaturan jarak dan pengontrollan kecepatan penggerak yang tepat untuk menghasilkan lubang yang sesuai dengan standar yang ada,” ucapnya.

Alat ini, kata Anton, telah dirancang dengan gaya yang lebih modern dan sangat membantu petani. Motor, sensor jarak dekat, dan panel digital memudahkan petani dalam memperhitungkan penggunaan  alat ini.

“Bahkan dalam pengujiannya, alat ini sukses dan bisa diterapkan dalam dunia pertanian. Apalagi Sumbar sangat terkenal dengan pertaniannya,” kata Anton.

Roza menambahkan, ke depan alat ini terus disempurnakan agar bisa diproduksi masal dalam mendukung swasembada pertanian di Sumbar.

“Petani di Sumbar membutuhkan inovasi yang memudahkan mereka dalam pertanian. Kami di PNP beretekad untuk mewujudkan itu,” tuturnya. (h/isr) 

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 19:50:44 WIB

    Seorang Dosen di Padang Sembuh dari Covid-19

    Seorang Dosen di Padang Sembuh dari Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Seorang dosen yang berasal dari Kota Padang dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19 melalui konversi negatif sebanyak dua kali yang dilakukan oleh laboratorium penanganan virus corona di Sumbar. D.
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 16:42:49 WIB

    Diduga Lecehkan Orang Minang, Dua Organisasi Adat Laporkan Dosen UI ke Polda Sumbar

    Diduga Lecehkan Orang Minang, Dua Organisasi Adat Laporkan Dosen UI ke Polda Sumbar HARIANHALUAN.COM - Badan Koordinasi Kerapatan Adat Nagari (Bakorkan) Sumbar dan Mahkamah Adat Alam Minangkabau didampingi Penasehat Hukum (PH) melaporkan Dosen Universitas Indoensia (UI) Ade Armando dalam dugaan tindak pidana.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 02:00:51 WIB

    Dosen UIN: Jika Kondisi Darurat, Salat Ied Boleh Dilakukan di Rumah

    Dosen UIN: Jika Kondisi Darurat, Salat Ied Boleh Dilakukan di Rumah HARIANHALUAN.COM -- Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Zulkarnaini, menjelaskan bila keadaan darurat maka boleh salat Ied dilakukan di rumah. Karena salat .
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 18:25:10 WIB

    Kasus Corona di Sumbar Terus Naik: Dosen, ASN, hingga OB Jadi Korban

    Kasus Corona di Sumbar Terus Naik: Dosen, ASN, hingga OB Jadi Korban Sejak kasus positif Corona atau Covid-19 diumumkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar pada 26 Maret 2020 lalu, jumlahnya terus mengalami kenaikan. Hingga hari ini Minggu (10/5/2020), tercatat ada 299 kasus positif, jum.
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 13:03:54 WIB

    Puluhan Dosen dan Admin AKOM Sosialisasikan PBM

    Puluhan Dosen dan Admin AKOM Sosialisasikan PBM MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Puluhan Dosen dan Admin Akademi Komunitas Mentawai (AKOM) turun ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat guna mensosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru, kepada Siwa-siswi yang baru saja m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]