Polisi Tembak dan Tangkap Pencuri Motor di Sawahlunto


Sabtu, 09 September 2017 - 00:55:31 WIB
Polisi Tembak dan Tangkap Pencuri Motor di Sawahlunto PENCURI SEPEDA MOTOR—Polisi memapah R, pencuri sepeda motor di kawasan Taman Kandih, Jumat (8/9). Polisi menembak kaki R karena ia berusaha kabur saat akan ditangkap. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HALUAN—Sat Reskrim Polres Sawahlunto membekuk seorang pencuri sepeda motor berinisial R (26). Kapolres Sawahlunto, AKBP Zamroni Wibowo, mengutarakan, anggotanya menembak kaki R karena ia berusaha melarikan diri setelah mencuri sepeda motor. Polisi membengkuk R dalam waktu kurang dari 24 jam setelah ia melakukan aksinya. Polisi menangkap R di Tanjung Ampalu, Sijunjung, Jumat (8/9) siang.

Zamroni mengatakan, R melakukan aksinya bersama seorang temannya yang berhasil kabur. Polisi sudah mengantongi identitas pelaku tersebut. Saat ini polisi sedang mengejarnya.

Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Ardiasyah Rolando Saputra, menyebutkan, pihaknya mengejar R dan satu pelaku lainnya setelah mendapatkan laporan dari Polsek Talawi bahwa telah terjadi pencurian sepeda motor di kawasan Taman Buah Kandi.

Ardiansyah Rolando menceritakan, R dan temannya menodongkan senjati api kepada sepasang muda-mudi yang sedang duduk di Taman Buah Kandis pada Kamis (7/9) sekitar 19.00. Kedua pelaku tersebut menuduh sepasang muda-mudi itu berbuat mesum. Karena itu, kedua pelaku mengancam akan melaporkan dan membawa kedua korban ke kantor Desa Salak. Namun, kedua pelaku tidak membawa korban ke kantor Desa Selain, tetapi membawa kabur sepeda motor korban.

Karena tidak menemukan motornya dan pelaku di kantor Desa Salak, kata Ardiansyah, kedua korban melapor ke Polsek Talawi. Setelah mendapatkan laporan, anggota Polsek Talawi dan Sat Reskrim Polres Sawahlunto mengejar pelaku. Sekitar 2.00 Jumat (8/9), polisi membekuk pelaku R di Tanjung Ampalu, sedangkan satu pelaku lainnya kabur.

Selanjutnya, kata Ardiansyah, pihaknya menginterogasi pelaku. Pelaku menyebutkan bahwa motor matik korban dijual ke Buluh Kasok, Sijunjung. Polisi lalu mencari sepeda motor korban ke daerah tersebut. Pada Jumat 12.00, polisi mendapatkan barang bukti tersebut. Namun, polisi tidak menemukan penadah motor tersebut.

Keberhasilan membekuk pelaku dan mendapatkan barang bukti tersebut, kata Ardiansyah, menjawab keresahan masyarakat selama ini atas kasus pencurian sepeda motor (curanmor) di Sawahlunto. Setidaknya, ada empat kasus curanmor di kawasan yang sama dari sembilan kasus curanmor yang terjadi sepanjang tahun ini.

Kapolres Sawahlunto, kata Ardiansyah, mengapresiasi kinerja personilnya karena mampu memecahkan kasus kurang dari 24 jam. Penangkapan pelaku kasus tersebut menjadi jalan bagi pengungkapan kasus kasus curanmor yang terjadi selama ini di Sawahlunto. Menurutnya, mungkin saja pelaku merupakan otak dan pelaku kasus-kasus curanmor lain di kota itu. (h/rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]