SUKSES RAIH BAZNAS AWARD 2017

Baznas Padang Lahirkan Puluhan Rumah Tahfidz


Kamis, 07 September 2017 - 02:17:00 WIB
Baznas Padang Lahirkan  Puluhan Rumah Tahfidz SYUKURAN- Walikota Padang diwakili Kabagkesra Jamilus memotong tumpeng pada syukuran atas kesuksesan Baznas Kota Padang meraih Baznas Award tingkat Nasional 2017, Rabu kemarin. IST

PADANG, HALUAN-  Rumah  Tahfidz  merupakan  rumah belajar tempat menghafal Alquran. Keberadanyaan sangat penting untuk melahirkan  para pelajar dan generasi muda yang hafal Quran.   Sudah banyak bukti,  menghafal Quran  membuat pelajar cerdas dan  berprestasi di sekolahnya.

Baznas Kota  Padang telah berperan nyata  dalam melahirkan dan membina puluhan Rumah Tahfidz  dalam  mewujudkan Kota Padang menjadi Kota Penghafal Al Qur'an. "Sudah banyak rumah Tahfidzh binaan Baznas Kota Padang. Insha Allah kita serius melakukan pembinaan terhadap Rumah Tahfizh tersebut,"  jelas Ketua Baznas Kota Padang H  Episantoso SP  Rabu kemarin,  usai syukuran atas keberhasilan Baznas Kota Padang meraih n Baznas Award 2017 Tingkat Nasional  kategori Pengumpulan  ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah).

Ia menjelaskan, para penghafal Al Qur'an yang lahir dari Rumah Tahfizh binaan Baznas Padang semakin bertambah. "Beberapa waktu lalu Baznas Kota Padang telah mewisudah ratusan pengjafal Al Qur'an dari Rumah Tahfizh Binaan Baznas Padang. Mulai dari hafal satu juz sampai sembilan juz," ungkap Ustadz Episantoso.

Tentang potensi zakat, Epi juga menjelaskan prakiraan potensi zakat  di kota Padang  sekitar Rp120 miliar. Namun sekitar  40 persen  baru yang tergarap  oleh lembaga zakat yang ada. Salah satunya Baznas Kota Padang  yang menghimpun  sebesar Rp25 Miliar.

Menurutnya,  dari  jumlah Rp25 miliar itu, Muzaki terbesar  70 persen masih pemberi zakat  dari kalangan ASN dan selebihnya dari  masyarakat dan pihak ketiga  lainnya."Namun target penerimaan dari Muzaki ASN tahun ini,  terpaksa dikurangi sekitar Rp5 miliar," jelasnya.

Pengurangan itui karena beralihnya  wewenang pengeloaan  Se­kolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dari Pemerintah Kabupaten/kota kepada   Pemerintah Provinsi. Pengalihan ini merumakan amanah   Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dalam Undang-Undang tersebut dicantumkan soal pem­bagian urusan pemerintahan antara peme­rintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Salah satunya adalah pembagian urusan pemerintahan bidang pendidikan.

Kendati demikian, kata Episantoso,  upaya untuk meningkatkan partisipasi pihak ketiga atau masyarakat ini terus ditingkatkan Baznas Kota Padang dengan lebih menggencarkan lagi sosialisasi  ke tengah masyarakat.

Ihwal kategori  penerima zakat, kata Episantoso, kriterianya sudah jelas yakni yang masuk   delapan asnaf.  Dasar hukumnya Al Quran Surat At Taubah ayat 60. "Ini mutlak, tidak dapat diganggu gugat," tegasnya. (h/dn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 November 2019 - 12:35:23 WIB

    Baznas Sijunjung Distribusikan Dana Sijunjung Cerdas

    Baznas Sijunjung Distribusikan Dana Sijunjung Cerdas SIJUNJUNG,HARIANHALUAN-Baznas Kabupaten Sijunjung mulai mendistribusikan dana program Sijunjung Cerdas kepada siswa miskin di beberapa sekolah di Kabupaten Sijunjung..
  • Kamis, 07 November 2019 - 13:24:02 WIB

    Luar Biasa...! Prestasi Akademik 150 Mahasiswa Binaan Baznas Pasaman

    Luar Biasa...! Prestasi Akademik 150 Mahasiswa Binaan Baznas Pasaman PASAMAN,HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 150 orang mahasiswa binaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman di dua perguruan tinggi swasta di daerah itu mulai menunjukkan taringnya. .
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 20:59:57 WIB

    Guru Honor di Bukittinggi Terima Zakat dari Baznas

    Guru Honor di Bukittinggi Terima Zakat dari Baznas BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bukittinggi, kembali melakukan pendistribusian dana zakat. Kali ini, sebanyak 316 guru honorer se-kota Bukittinggi menerima zakat dari Baznas..
  • Senin, 29 April 2019 - 16:25:53 WIB

    Pelajar SDN 12 Padang Sibusuk Diterima di SMP Cendekia Baznas Pusat

    Pelajar SDN 12 Padang Sibusuk Diterima di SMP Cendekia Baznas Pusat SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Lagi, satu orang pelajar sekolah dasar (SD) di Kabupaten Sijunjung berhasil lolos dalam seleksi penerimaan peserta didik baru di SMP Cendekia BaznasBogor Jawa Barat tahun pelajaran 2019/2020..
  • Selasa, 24 Januari 2017 - 10:32:16 WIB

    200 Pelajar Terima Beasiswa Baznas

    PADANG, HALUAN—Tahun 2017,Program Pembinaan Karakter Islam (PAKIS) yang diadakan oleh Lembaga Pembinaan Pelajar Muslim (LPPM) kembali digelar. Kegiatan ini dilakukan sebagai syarat yang harus diikuti siswa sebagai penerima.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]