Seluruh Nagari di Solsel Sudah Menyelesaikan Laporan Realisasi


Rabu, 06 September 2017 - 10:09:26 WIB
Seluruh Nagari di Solsel Sudah Menyelesaikan Laporan Realisasi Kepala Bidang Pemerintahan Nagari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solsel, Ali Afrionel saat memberikan pembekalan terkait penggunaan dana desa pada perangkat nagari beberapa waktu lalu. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Seluruh nagari di Solok Selatan (Solsel) telah menyelesaikan laporan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) tahap pertama. Bahkan, di Sumatra Barat (Sumbar) Solsel termasuk kabupaten tercepat dalam progres pelaporan DD tahap pertama sesuai arahan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangun (BPKP) Sumbar.

Menurut, Kepala Bidang Pemerintahan Nagari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solsel, Ali Afrionel pada Haluan, Selasa (5/9) dari 39 nagari yang ada, semuanya telah menyelesaikan laporan realisasi tahap pertama pada 25 Agustus 2017 lalu. "Artinya, seluruh nagari di Solsel telah menyelesaikan sebelum tenggat waktu penyelesaian pada 31 Agustus 2017. Hal ini mendapat apresiasi dari BPKP Sumbar sebab Solsel salah satu daerah yang tercepat penyelesaian laporannya dibanding beberapa daerah lain,"katanya.

Untuk Solsel di 2017 DD totalnya mencapai Rp35,42 miliar dengan penyaluran dua tahap. Dimana pencairan tahap pertama 60 persen dan tinggal pencairan tahap kedua sebesar 40 persen. Total pencarian tahap pertama sekitar Rp 21,25 miliar sehingga untuk pencairan tahap kedua tersisa sekitar Rp14,34 miliar. "Seluruh nagari saat ini tinggal menunggu lagi pencairan 40 persen tahap kedua. Mudah-mudahan di awal September 2017 ini bisa masuk ke rekening nagari,"tambahnya.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap perangkat nagari dan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Solsel, karena telah berkerjasama hingga larut malam selama sepekan untuk mempercepat realisasi laporan tersebut. "Dengan demikian seluruh nagari telah menyerap anggaran DD tahap kedua sebesar 75 persen dengan volume pekerjaan minimal 50 persen,"ungkapnya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]