Sumbar Bergerak untuk Rohingya


Selasa, 05 September 2017 - 11:47:54 WIB
Sumbar Bergerak untuk Rohingya Ilustasi.NET

“Ini duka kita bersama. Duka dunia. Bagaimana jua, muslim Rohingya tidak boleh dibiarkan terlunta. Mesti dilindungi dan dibantu. Sumbar bergerak untuk mengalirkan bantuan” Nasrul Abit, Wagub Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar membuka donasi untuk masyarakat Rohingya di Myanmar yang menjadi korban kekerasan militer dan pemerintah. Seluruh ASN diminta ikut menyisihkan pendapatannya untuk warga membantu penanganan krisis kemanusiaan Rohingya.

Muslim Rohingya teraniaya dan harus terusir dari kampung halamannya di Myanmar. Sebagian dari mereka mengungsi ke Bangladesh. Ini duka kita bersama. Duka dunia. Bagaimana jua, muslim Rohingya tidak boleh dibiarkan terlunta. Mesti dilindungi dan dibantu. Sumbar bergerak untuk mengalirkan bantuan,” tutur Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam apel pagi di Kantor Gubernur Sumbar.

Dijelaskan Nasrul Abit, 25 Agustus yang lalu menjadi awal yang kelam dari rentetan kekerasan yang terjadi selama ini kepada muslim Rohingya. Militer Myanmar membabi buta menyerang, membumihanguskan perkampungan muslim di Arakan. Ribuan warga eksodus ke perbatasan berharap negara tetangga mau menerima mereka.

Serangan militer ke kampung-kampung muslim di Rohingya ini merupakan tindakan paling mematikan dalam beberapa dasawarsa.

“Rohingya terus berduka, menjerit kepada dunia, namun tangisan mereka terabaikan dan korban pun terus berjatuhan. Sumbar ingin meredakan tangis itu,” sebut mantan Bupati Pessel tersebut.

Badan PBB yang mengurusi pengungsi, UNHCR mencatat lebih dari 2.600 rumah dibakar di wilayah Rohingya. Sekitar 58.600 Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh, sebagian lagi mencari peruntungan nasib terombang-ambing di lautan lepas berharap mendarat di negeri harapan.

Duka Rohingya menjadi perhatian dunia, terutama di negeri-negeri Islam. Berbagai kecamatan, kutukan, dan aksi lainnya tertuju kepada Myanmar. Aksi kepedulian terhadap Rohingya terus meningkat seiring kekerasan yang juga meningkat di kawasan Rakhine, tapi negara yang dipimpin peraih nobel perdamain itu, semakin beringas dengan dalih pembelaan terhadap kedaulatan Myanmar, mereka terus melakukan serangan mematikan kepada warga sipil Rohingya. “Ini tidak bisa dibiarkan,” tegas Wagub.

 Nasrul Abit sudah berencana menyurati seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Kita prihatin. Sejak kemarin kan kita baru mengutuk saja. Ini kami ingin ada aksi nyata. Rekening donasi sudah dibuka. Nanti bisa ditambah dana dari LAZ (Lembaga Amil Zakat)," ujar Nasrul, Senin (4/9).

Nasrul Abit menyebutkan, rekening yang baru saja dibuka di Bank Nagari tersebut bisa juga menampung donasi dari masyarakat umum. Ia meminta, instansi pemerintahan di Sumbar bisa mengampanyekan peluang donasi untuk Rohingya kepada masyarakat. Bagi PNS, pegawai BUMN, pegawai BUMD, atau masyarakat umum lainnya yang ingin menyumbang bisa menyisihkan donasinya ke rekening Bank Nagari nomor 2101.0210.05697-2 atas nama Sumbar Peduli Rohingya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]