BURON SELAMA DELAPAN BULAN

Pelaku Penggelapan Mobil Ditangkap


Selasa, 05 September 2017 - 02:05:51 WIB

PADANG, HALUAN - Jajaran unit reskrim Polsek Kuranji akhirnya berhasil menangkap pelaku penggelapan mobil Honda Accord dengan No Pol B 1428 UAA, Bambang Nusdiansyah (26), setelah sempat buronan selama delapan bulan.

Sesuai dengan Laporan Polisi No. LP/163/K/III/2017/Sektor Kuranji, terjadi pada hari Rabu 14 Desember. Tidak itu saja, pelaku warga Jorong Bukit Harapan Kenagarian Tiumang, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya. Juga pernah melakukan kasus yang sama di Polsek Payung Sakaki Kabupaten Solok.

Berdasarkan informasi yang himpun Haluan, Bambang tinggal dikawasan Sungai Sapih Kecamatan kuranji itu tidak menduga akan ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Kuranji. Pelaku yang merupakan mahasiswa kedokteran salah satu Universitas di Padang ini ditangkap sedang berada disalah satu warung yang ada di kawasan Pondok.

Pihak kepolisian dari jajaran Polsek Kuranji, mendapatkan laporan bahwa pelaku sedang dikawasan Pondok, anggota langsung bergerak dengan cepat. Polisi langsung menangkapnya, dan dia hanya bisa pasrah saat ditangkap.

Kapolsek Kuranji Kompol Harriyanto mengatakan pelaku memang cukup lincah, dia beraksi dengan alasan ingin menjual mobil korbanya, setelah itu mobil tersebut tidak dikembalikan dan menjualnya diluar Sumbar.

"Dari pengakuanya ia sudah dua kali melakukan pekerjaan yang dilarang hukum ini, pelaku sendiri ditangkap Sabtu (2/9) siang. Di tidak bisa melarikan diri setelah anggota kita melakukan penangkapan akan dirinya, ia pun mengakui bahwa betul dia melalukan perbuatan yang melawan hukum tersebut," kata Harriyanto, Senin (4/9).

Ditambahkanya, ada kemungkinan pelaku mempunyai jaringan di antar Provinsi,l. Namun, kasus ini masih diselidiki tentang jaringan antar provinsi tersebut.

"Pelaku juga pernah melakukan kasus yang sama di Polsek Payung Sakaki menjalankan aksinya, pelaku akan kita kenakan Pasal 372 KUHP dengan ancaman kurungan diatas lima tahun penjara," terangnya.

Saat diwawancarai, pelaku mengaku menjalankan aksi ini karena banyaknya utang yang menumpuk ditambah uang kuliah, dia membujuk korban yang inggin menjual mobilnya dan dipinjam selama dua hari dengan alasan melihatkan kepada yang akan membeli mobil.

"Setelah saya berhasil menipu korban, semua No hp saya buang dan ganti yang baru dan mobil tersebut saya jual ke luar Sumbar," kata Bambang.

Diakui juga, kalau dia sudah dua kali menjual mobil dari hasil kerjanya terasebut. (h/mg-hen).

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]