PENELUSURAN DISHUT SUMBAR DI HALABAN

Warga Tebang Hutan, Galodo Datang


Senin, 28 Agustus 2017 - 17:20:24 WIB
Warga Tebang Hutan, Galodo Datang Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Barat, Hendri Oktavia, telah menurunkan timnya ke lokasi galodo yang menghantam empat jorong di Kecamatan Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota, beberapa hari yang lalu. Berdasarkan tinjauan tim itu, pihaknya menyatakan, galodo di sana terjadi karena masyarakat menebang pohon untuk keperluan kayu bakar.

Atas hal itu, Hendri Oktavia mengatakan, pihaknya menganjurkan masyarakat di sana untuk tidak lagi menebang pohon. Namun, masalahnya, kata Hendri, masyarakat menganggap pohon yang ditebangnya itu berada di dalam kawasan tanah ulayat masyarakat. Menurutnya, hal itu adalah kendalanya karena apabila sudah menyangkut tanah ulayat, sulit untuk melarangnya. “Kalau mau menebang pohon juga, kami sarankan masyarakat untuk tidak menebang pohon di kawasan hutan negara,” ujarnya di Padang, Minggu (27/8).

Saat berkunjung ke lokasi galodo, kata Hendri Oktavia, pihaknya bertemu dengan masyarakat setempat. Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menanam pohon di tanah ulayat dengan pohon yang menghasilkan buah sehingga masyarakat tidak menebangnya dan menikmati manfaatnya untuk kepentingan masyarakat. Sementara itu, apabila masyarakat menanam pohon untuk diambil kayunya, penebangan pohon di hutan akan terus terjadi sehingga menimbulkan galodo.

Terkait pembabatan hutan di Halaban, pihak kepolisian mengaku belum menerima laporan. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar kepada Haluan, Minggu (27/8) siang mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat ataupun instansi terkait dengan pengrusakan hutan di Limapuluh Kota tersebut. "Belum ada kami terima laporan itu. Namun, jika benar terjadi dan laporan sudah masuk, kita akan telusuri dan tindaklanjuti, serta akan kita mulai penyelidikan," ucap Syamsi melalui sambungan seluler.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]