Main Kotor di Sumbar, Polisi Tangkap Mafia Garam di Payakumbuh


Senin, 28 Agustus 2017 - 17:10:32 WIB
Main Kotor di Sumbar, Polisi Tangkap Mafia Garam di Payakumbuh Ilustasi.NET

“Pelaku telah melanggar izin edar garam dan memonopoli harga di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Garam tersebut dikemas ulang tanpa nomor seri dan izin edar. Kemasan juga lebih kecilKapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto.

 

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM Personil Polres Payakumbuh menggerebek gudang penyimpanan garam di Jorong Taman Ijuak, Nagari Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (26/8) pagi. Sebanyak Sembilan ton garam siap edar disegel.

Pemilik gudang bernama Naldi (41). Dia diduga anggota sindikat mafia garam yang memiliki jaringan antar pulau. Bersama jaringannya, Naldi meraup untung besar dengan cara menimbun dan mencetak kemasan baru dari garam yang telah dibelinya dari Demak. Padahal, saat ini, Indonesia sedang krisis garam.

“Pemilik gudang bermain culas di tengah krisis garam yang terjadi,” terang Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto.

Dari gudang, Polisi menemukan garam di dalam karung berukuran 50 kilogram yang dikemas dengan merk PT Garam (Persero). Garam tersebut dikemas ulang oleh Naldi tanpa nomor seri dan izin edar dari Dinas yang berkompeten, dan membungkusnya ke kemasan lebih kecil. Hal itu bertujuan agar dia meraup untung besar dari penjualan garam ke pasaran. Gudang miliknya terpaksa disegel oleh Polres Payakumbuh.

“Pelaku telah melanggar izin edar garam dan memonopoli harga di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Garam tersebut dikemas ulang tanpa nomor seri dan izin edar. Kemasan juga lebih kecil,” tutur Kapolres.

Kegiatan ilegal Naldi akhirnya dicium Polres Payakumbuh dan melakukan penyegelan, Sabtu (26/8) pukul 09.00 WIB. Dalam penggerebekan ini, polisi berhasil mengamankan garam sekitar 9 ton dan langsung memasangi gudang dengan police line.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]