Jaksa Kumpulkan Walinagari se-Limapuluh Kota


Kamis, 24 Agustus 2017 - 19:07:29 WIB
Jaksa Kumpulkan Walinagari se-Limapuluh Kota Kejaksaan dari TP4D memberikan pemahaman kepada Walinagari se Limapuluh Kota untuk penggunaan dana desa.

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Puluhan walinagari di Kabupaten Limapuluh Kota dikumpulkan oleh tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembagunan Daerah (TP4D), Kamis (24/8).

Hal itu dilakukan dalam menghindari penyelewengan serta penyalahgunaan dana desa (nagari) oleh pemerintahan nagari.

Tak hanya Walinagari, rombongan TP4D dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh itu, juga mengumpulkan Badan Musyawarah Nagari serta Sekretaris Nagari se Kabupaten.

"Ini merupakan kegiatan sosialisasi sekaligus edukasi hukum terkait penyerapan, pengelolaan dan pertanggungjawaban dana nagari.

Sehingga dengan hadirnya TP4D ini dapat meminimalisir penyimpangan yang mengarah kepada terjadinya tindak pidana," Andre Abraham Pelaksana Harian Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh usai kegiatan.

Dalam pertemuan yang digelar di aula Kantor Bupati Limapuluh Kota tersebut, dihadiri ratusan perangkat nagari se Limapuluh Kota. Terdiri dari 79 Walinagari, 79 Badan Musyawarah Nagari dan 79 Sekretaris Nagari.

Plh Kejari Payakumbuh sekaligus Koodinator Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumbar itu menegaskan, Walinagari merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam pembangunan di nagari. Karena itu perlu memahami seluruh aturan hukum, baik itu Peraturan Pemerintah dan UU terhadap pelaksanaan Dana Desa.

Mengingat, pengalokasian dana nagari nilainya cukup besar, sehingga berpotensi mengalami kesalahan seperti administrasi maupun penyelewengan.

"Maka dari itu, perlu bimbingan hukum, agar para Walinagari atau perangkat, nantinya tidak terjebak dalam persoalan hukum jika tidak memahami landasan hukum soal penggunaannya. Karena itu perlu adanya TP4D dalam penggunaan dana nagari,"ucapnya lagi.(h/ddg).

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]