Trotoar Kota Dikuasai PKL


Senin, 21 Agustus 2017 - 11:30:40 WIB
Trotoar Kota Dikuasai PKL

PADANG,HALUAN—Keberadaan trotoar yang merupakan hak bagi pejalan kaki, masih belum bisa dirasakan seutuhnya. Sebab, hampir sebagian besar trotoar yang ada di Kota Padang dikuasai oleh pedagang kaki lima(PKL).

Hal ini pun dikeluhkan oleh Syawal pengguna trotoar. Ia menyebutkan, keberadaan trotoar yang sudah mulai diperbaiki dibeberapa titik saat ini malah dikuasai oleh PKL. Keberdaan PKL diatas trotoar tentunya sangat mengganggu para pejalan kaki. Sebab, para pejalan kaki terpaksa harus turun ke badan jalan, akibat sudah terpakainya trotoar oleh PKL.

“Dibeberapa titik, trotoarnya sudah bagus setelah diperbaiki, tetapi sayang kami tidak bisa menggunakannya akibat telah terpakai oleh PKL,”ujarnya kepada Haluan.

Tidak hanya Syawal, Erdi warga Siteba ini sangat meyayangkan trotoar yang ada di Kota Padang saat ini sebagaian besar malah dikuasai oleh PKL. Ia berharap agar Pemerintah Kota Padang segera mencarikan solusi terkait hal ini. Jika hanya menertibkan PKL, tanpa mencarikan tempat pegantinya maka PKL akan kembali berjualan di tempat tersebut.

“Lihat saja di kawasan Jati, trotoar baru selesai diperbaiki dan sudah bagus. Tetapi saat ini malah dipenuhi oleh PKL,”ujarnya.

Pantauan Haluan, Ada beberapa titik trotoar yang ramai oleh PKL seperti dikawasan Jati, Ampang, Sawahan, Ganting dan Simpang Haru. Pada titik tersebut hampir semua trotoarnya diisi oleh PKL. Sehingga para pejalan kaki tidak lagi mendapatkan haknya untuk berjalan diatas trotoar yang aman dan nyaman.

Menanggapi hal ini, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku memang trotoar masih dikuasai oleh PKL. Untuk itu, pihaknya saat ini akan berusaha untuk merapikannya kembali.Sebab, keberadaan trotoar adalah untuk kepentingan publik, bukan untuk kepentingan pribadi.

“Oleh karena itu, kita secara bertahap saat ini bersama dengan teman-teman di Pemerintahan Kota Padang baik dengan SKPD terkait, akan melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat agar tidak mempergunakan trotoar sebagai tempat berjualan,”ujar Mahyeldi kepada Haluan, Minggu (20/8).

Selain itu, Mahyeldi juga mengimbau kepada SKPD terkait yang berada dilapangan dan juga penegak perda atau Satpol PP untuk segera mengatasi persoalan ini. Namun, ketika melakukan penertiban harus dilakukan dan dikomunikasi dengan baik.

“Kita akan segera mencarikan solusinya, sehingga masyrakat yang melakukan kegiatan ekonomi ditempat tersebut bisa mendapatkan tempat yang lebih repsentatif, dan penggunaan trotoar untuk kepentingan publik bisa dikembalikan,”ujarnya. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]