Soal Mutasi Jabatan, Mendagri Sebut Wabup Limapuluh Kota Tak Paham Aturan


Senin, 21 Agustus 2017 - 02:03:02 WIB
Soal Mutasi Jabatan, Mendagri Sebut Wabup Limapuluh Kota Tak Paham Aturan

PADANG, HALUAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan, pelantikan tiga pejabat yang dilakukan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, cacat secara prosedur. Surat izin yang dikeluarkan Kemendagri tidak bisa dijadikan landasan dalam melakukan mutasi pejabat.

Hal itu diungkapkan Mendagri kepada Haluan, Minggu (20/8) malam. “Jumat yang lalu, Wabup Limapuluh Kota memang benar mengeluarkan SK dan melantik Kadis Pertanian dan Kepala BKD secara tidak sah dan berencana untuk mengaktifkan kembali Sekda namun ditolak Gubernur Sumbar. Tindakan yang dilakukan itu cacat prosedur,” terang Mendagri.

Dijelaskan Tjahjo, sebagai Plt Bupati, Ferizal Ridwan harus tetap berkoordinasi dengan Bupati Irfendi Arbi dalam mengambil kebijakan strategis, terutama soal keuangan dan personel. “Ini tidak dilakukan. Sebagai Plt, kehendak mengubah personel harus dengan persetujuan tertulis Mendagri. Untuk Jabatan Pimpinan Jabatan Tinggi (JPT) Pratama eselon II, surat persetujuan ditandatangani oleh Mendagri. Sedang untuk eselon III dan IV ditandatangani Dirjen Otda atas nama Mendagri. Prosedur itu tidak pernah ada,” papar Tjahjo Kumolo.

 

Dituturkan Tjahjo, Dirjen Otda, Sony Sumarsono tidak pernah menerbitkan persetujuan tertulis untuk melakukan mutasi. “Andai harus menyetujui, maka penandatangan surat bukanlah Sumarsono selalu Dirjen Otda, namun harusnya saya sebagai Mendagri. Oleh karena itu, mutasi ini cacat prosedur dan batal demi hukum. Saya tegaskan lagi, surat benar adanya dikeluarkan, namun bukan persetujuan untuk mutasi pegawai, melainkan persetujuan izin untuk Bupati Limapuluh Kota untuk meninggalkan tugas karena naik haji,” ungkap Tjahjo.

 

“Kuat dugaan, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan kurang paham aturan kepegawaian atau kedua kemungkinan

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 11:26:12 WIB

    Soal Statemen Puan Maharani tentang Sumbar, PKS Minta PDIP Bercermin

    Soal Statemen Puan Maharani tentang Sumbar, PKS Minta PDIP Bercermin HARIANHALUAN.COM - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta PDI Perjuangan (PDIP) --yang kerap kalah dalam proses pemilihan umum (Pemilu) di Sumatera Barat (Sumbar)-- untuk bercermin..
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:08:20 WIB

    Ini 'Bisikan' Megawati ke Putra Jokowi soal Pilkada Solo

    Ini 'Bisikan' Megawati ke Putra Jokowi soal Pilkada Solo HARIANHALUAN.COM - Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghadap Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta kemarin. Gibran membahas persiapan Pilkada Solo dengan Megawati..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 06:21:20 WIB

    Soal Dukungan Jadi Ketum Gerindra, Begini Tanggapan Sandiaga

    Soal Dukungan Jadi Ketum Gerindra, Begini Tanggapan Sandiaga JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengklaim beberapa Dewan Pimpinan Cabang (DPC) mendukungnya untuk maju sebagai calon ketua umum lewat kongres tahun ini..
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 18:25:35 WIB

    Wah..! Sandiaga Angkat Bicara soal Perkara Andre Rosiade

    Wah..! Sandiaga Angkat Bicara soal Perkara Andre Rosiade JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno angkat bicara terkait Andre Rosiade yang menghadapi polemik penjebakan PSK online. Sandiaga menilai penggerebekan PSK itu bukan tugas anggota .
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 14:35:19 WIB

    Menhan Malaysia Curhat pada Prabowo, Soal Apa?

    Menhan Malaysia Curhat pada Prabowo, Soal Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengatakan penyanderaan nelayan Indonesia yang terjadi berulang kali oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Sabah yang berbatasan dengan Filipina menjadi sala.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]