Senin Ini, Calon Bawaslu Sumbar Uji Makalah


Senin, 21 Agustus 2017 - 01:46:22 WIB
Senin Ini, Calon Bawaslu Sumbar Uji Makalah ilustrasi

PADANG, HALUAN — Hari ini, Senin (22/8) 14 orang peserta calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, akan mempertanggungjawabkan makalah yang telah dibuat di hadapan Tim Seleksi.

Setelah menjalani sejumlah tahapan tes, mulai dari tes administrasi, tes tertulis berbasis komputer, tes kesehatan dan psikotest tahap 1 hingga lanjutan yang mengerucut menjadi 14 orang. Akhirnya, 14 orang ini masuk pada tahap tes wawancara yang akan dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 22 Agustus nanti.

Ketua Timsel Otong Rosadi mengatakan, pada tes wawancara ini ada tiga hal yang ingin diketahui lebih dalam oleh timsel yakni terkait integritas, membedah makalah yang sudah dibuat oleh peserta, dan terkait kepemiluan.

“Nanti juga akan ditanya soal makalah tersebut, apakah benar mereka yang buat dan akan digali pemahaman serta isi dari makalah tersebut. Tanggal 23 Agustus akan kami lakukan pleno, tanggal 24 Agustus baru diumumkan enam nama untuk mengikuti tahapan di Bawaslu RI nanti tanggal 4 hingga 13 uji kelayakan dan kepatutan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, 14 peserta telah melaksanakan tes kesehatan lanjutan di Dokter Kesehatan Polda Sumbar, dan hari Jumat (18/8) 14 peserta calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar kembali mengikuti tes psikologi lanjutan di Polda Sumbar.

Dari pantauan Haluan, pelaksanaan tes kesehatan lanjutan berjalan lancar dan semua peserta hadir tepat pada waktu yang sudah ditentukan oleh Timsel. Tampak dua orang incumbent Surya Efitrimen dan Aermadepa usai melakukan tes kesehatan tersebut berbincang, saat ditemui keduanya mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan lanjutan berjalan lancer dan tidak ada kendala apapun.

“Alhamdulillah lancar, semoga hasilnya nanti juga akan memuaskan dan pada tes wawancara nanti lencar juga hendaknya. Harapan saya,” ujar Aermadepa saat ditemui.

Ketua Timsel Otong Rosadi mengatakan, tahapan tes kesehatan lanjutan ini berbeda dengan tes kesehatan di tahap pertama yang hanya cek kesehatan lebih ke fisik. Kalau tes kesehatan lanjutan ini dilakukan lebih jauh, dan ada empat tahapan yang akan dilakukan mulai dari cek darah, treadmill, dan rontgen cek kesehatan secara menyeluruh oleh dokter dari Polda Sumbar.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara ketat karena ini adalah salah satu cara Timsel untuk mendapatkan pengawas yang tidak hanya paham akan kepemiluan, tapi juga sehat secara fisik. Artinya, tidak memiliki penyakit atau gangguang yang serius karena itu akan menghambat kerja dari Bawaslu dalam mengawasi jalannya pemilu ke depannya baik Pilkada, Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang.

Setelah tahapan tes kesehatan lanjutan ini dilakukan, tanggal 18 hingga 19 Agustus akan dilaksanakan psikotes lanjutan oleh bagian psikologi RoSDM Polda Sumbar. Kemudian tanggal 21 hingga 22 Agustus akan dilanjutkan dengan tes wawancara, ada tiga hal yang ingin diketahui lebih dalam oleh timsel yakni terkait integritas, membedah makalah yang sudah dibuat oleh peserta, dan terkait kepemiluan. (h/rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 07 Desember 2017 - 19:31:42 WIB

    Senin, Mahyeldi – Hendri Septa Dideklarasikan

    Senin, Mahyeldi – Hendri Septa Dideklarasikan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jika tak ada kendala, koalisi PKS dan PAN pada Pilkada Padang 2018, akan mendeklarasikan pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota yang diusung, Mahyeldi Ansharullah – Hendri Septa, Senin (.
  • Rabu, 05 Juli 2017 - 17:49:30 WIB

    Elly Dilantik Senin Depan, Erisman Bakal PTUN-kan Bamus DPRD Padang

    Elly Dilantik Senin Depan, Erisman Bakal PTUN-kan Bamus DPRD Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menjadwalkan pelantikan Ketua DPRD Kota Padang yang baru, Elly Thrisyanti yang menggantikan Erimsan pada tanggal 10 Juli 2.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]