Manfaatkan Lahan Kosong, Hasil Panen Bawang Menggembirakan


Jumat, 18 Agustus 2017 - 10:15:26 WIB
Manfaatkan Lahan Kosong, Hasil Panen Bawang Menggembirakan PANEN BAWANG—Petani bersama walinagari setempat bergembira dengan hasil panen perdana bawang merah yang memuaskan. Bawang merah, kentang dan sayuran lainnya diyakini potensial dikembangkan dan mampu mengangkat eknomi keluarga. M JONI

 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Anggota Kelompok Tani Mandi Angin Kenagarian Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan melakukan panen perdana bawang merah para areal seluas 1 hektar, Senin (15/8). Para petani ini merasa lega dengan hasil usaha yang mereka kelola yang cukup menggembirakan. Dalam luas 1 meter x 2,5 meter menghasilkan sebanyak 11,6 kg.

Ketua Kelompok Tani Mandi Angin, Nasbil disela sela panen berlangsung mengatakan, anggota kelompok tani yang beranggotakan 35 orang itu, sebelum melakukan tanam bawang merah, telah mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari Dinas Perkebunan dan Holtikultura Pessel. Mereka juga berkesempatan melakukan study banding ke Alahan Panjang Solok.

“Hasil produksi perdana ini cukup menggembirakan dan dapat mengangkat pertumbuhan perekonomian masyarakat dalam memafaatkan lahan kosong,” katanya.

Dikatakan, sebelumnya respon masyarakat setempat sangat rendah ketika diberitahu bahwa daerahnya bisa dikembangkan sebagai daerah penghasil bawang merah. Hal ini tak terlepas dari kondisi daerah yang memiliki tanah yang subur, dilingkungi perbukitan. Tak hanya bawang merah, daerah itu juga potensi untuk ditanami kentang dan jenis sayuran lainnya.

Wali Nagari Salido Saribulan, Yuledesmi mengakui, usaha budidaya bawang merah ini dilakukan secara individu masyarakat. Namun hasil yang mereka peroleh sangat menggembirakan dalam menunjang ekonomi keluarga.

“Kini masyarakat menyadari, budidaya tanam bawang ini dinilai sebagai tanaman produktif yang dapat menopang pendapatan keluarga,” katanya.

Karena itu, Pemerintahan Nagari Salido Saribulan dengan gencar mengajak masyarakat agar dapat memafaatkan lahan yang ada untuk usaha ekonomi produktif. Sehingga mata pencaharian kehidupan masyarakat tidak saja terfokos pada usaha padi sawah, namun membutuhkan kreatifitas masyarakat dapat bekerja keras dengan berbagai usaha lain yang mendatangkan hasil, seperti sektor tanaman hortikultura seperti, bawang merah, kentang dan lainnya cukup menjanjikan dalam mewujudkan kesejahtaraan masyarakat. (h/mjn)

 

Editor: Rivo Septi Adries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]