Baliho Adib Alfikry Ternyata Tidak Dikenai Pajak Reklame


Kamis, 17 Agustus 2017 - 18:34:02 WIB
Baliho Adib Alfikry Ternyata Tidak Dikenai Pajak Reklame Iklan Adib Alfikry di Simpang Ketaping, Padang, saat dipotret beberapa hari yang lalu. HOLY ADIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang, Budi Baya, ditanyai wartawan tentang baliho Kepala Bapenda Padang, Adib Alfikry. Ia menyatakan, baliho Adib Alfikry tersebut tidak dikenai pajak.

Ia menjelaskan, reklame terbagi dua, yakni reklame komersial dan reklame bukan komersial. Reklame komersial adalah reklame berupa produk, sedangkan reklame tidak komersial misalnya, iklan sosial, iklan yang dibuat oleh organisasi massa, partai, orang pribadi yang bukan bersifat komersial. Reklame Adib Alfikry yang dipasang di banyak titik di Padang akhir-akhir ini adalah reklame sosial karena berisi imbauan kepada masyarakat untuk berbuat baik.

“Kami bekerja sesuai dengan perda yang ada. Dalam Perda Nomor 8 Tahun 2011, iklan komersial membayar pajak. Iklan tidak komersial tidak bayar pajak karena tidak menjadi objek pajak. Persepsinya itu harus diluruskan. Jangan bilang ini bayar, ini tidak bayar. Bukan begitu. Ini objek pajak, ini bukan,” ujarnya saat diwawancarai wartawan setelah diskusi publik tentang pelarangan iklan rokok di ruang publik di Inna Muara Hotel, Padang, Selasa (15/8).

Jadi, kata Budi Baya, pemasang iklan bukan komersial hanya membayar sewa kepada perusahaan periklanan yang memiliki tiang iklan tersebut karena tiang itu tidak milik Pemerintah Kota Padang.(h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 03 Oktober 2019 - 22:40:08 WIB

    Ow…Ow… Siapa Dia? Baliho Bertulis #MG Bikin Warga Penasaran

    Ow…Ow… Siapa Dia? Baliho Bertulis #MG Bikin Warga Penasaran PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM – Nuansa politik terus bergulir di Kabupaten Pasaman Barat. Setelah pelantikan Anggota DPRD setempat, hingga pelantikan pimpinan definitife kemarin, Rabu (2/10), sekarang giliran ‘angin’ .
  • Ahad, 15 September 2019 - 12:29:31 WIB

    Bukti Keseriusan, Baliho Maigus Banjiri Kabupaten Solok

    Bukti Keseriusan, Baliho Maigus Banjiri Kabupaten Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Pengusaha muda yang namanya mulai jadi perbincangan di Bumi Markisa, Maigus Tinus Jambak Manti Batuah S.Sos, semakin menunjukan keseriusannya untuk maju pada Pilkada Kabupaten Solok 2020 mendatang..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]