Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya


Senin, 14 Agustus 2017 - 17:42:10 WIB
Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya Baliho Emzalmi-Desri Ayunda di salah satu kawasan di Jalan Veteran, Padang, Senin (14/4). HOLY ADIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Wali Kota Padang, Mahyeldi, akhirnya angkat bicara tentang baliho dan poster bakal calon kepala daerah Kota Bengkuang ini yang mulai muncuil sejak beberapa waktu belakangan. Menurutnya, hal seperti itu melanggar aturan.

Hal itu dikatakannya saat di Pantai Padang saat ditanya wartawan soal baliho dan poster bakal calon kepala daerah Padang, Minggu (13/8).

Saat ditanya mengenai imbauan dari Pemko Padang kepada Sat Pol PP untuk menertibkan baliho dan poster calon kepala daerah Padang tersebut, Mahyeldi mengatakan, Sat Pol PP sudah mengetahui aturan pemasangan poster dan baliho bakal calon kepala Padang. Maka, ia tidak perlu lagi menginstruksikan Sat Pol PP untuk menertibkannya.

“Pol pp itu sudah tahu aturan. Melanggar aturan tidak boleh. Tugas pemerintah tegakkan aturan. Mereka sudah mengenal tupoksinya. Tidak mungkin wali kota memerintahkan semuanya. Silakan mereka berbuat apa yang mesti mereka lakukan,” ujarnya setelah kegiatan jalan santai BUMN Hadir untuk Negeri.

Plt. Kepala Sat Pol PP Padang, Yadrison, menyebutkan, pihaknya akan memeriksa dulu apakah baliho dan poster bakal calon kepala daerah itu sudah berizin. Pihaknya akan menertibkan baliho dan poster tersebut kalau belum punya izin.

“Kami akan berkoodinasi dulu dengan dinas pemberi izin pemasangan baliho dan poster itu. Dulu dinas pemberi izinnya Dinas Pendapatan Daerah Padang. Kalau tidak punya izin akan ditertibkan,” tuturnya.

Menurutnya, pemasangan baliho dan poster calon kepala daerah sebelum waktunya juga melanggar peraturan daerah.

Pantauan Haluan, poster dan baliho calon kepala daerah yang terpasang di beberapa titik di Kota Padang, antara lain Kuranji dan Pauh, adalah poster Emzalmi-Desri Ayunda.

Pada wawancara dengan Haluan, Selasa (1/8), Kasat Pol PP Padang waktu itu, Dian Fakri, mengatakan, Sat Pol PP sudah menemui tim Emzalmi-Desri untuk menjelaskan aturan yang melarang menempel poster di tempat-tempat yang sudah tertulis dalam Perda.

"Kami sudah bicarakan hal ini, dan beliau juga sudah melihat aturannya. Pada saat itu, kami juga memberikan pemahaman terkait aturan itu pada tim sukses beliau dan alhamdulillah dipahami," tuturnya saat itu.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 Agustus 2017 - 18:22:42 WIB

    Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak

    Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Padang, Budi Baya, menyatakan bahwa baliho Adib Alfikri tidak dikenai pajak karena tidak termasuk baliho iklan komersial. .
  • Senin, 02 November 2015 - 19:06:57 WIB

    Baliho Sepi, Pemilih Pemula Sulit Tentukan Pilihan

    PADANG, HALUAN— Pe­milihan umum (Pemilu) kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2015 mendatang, masih belum terasa ga­ung­nya di tengah-tengah masya­rakat Kota Padang, khusu.

  • Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:20:04 WIB

    Baliho Mantan Kepala Daerah Peserta Pilkada Harus Diturunkan

    INSTRUKSI GUBERNUR

    PADANG, HALUAN — Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek mengultimatum seluruh bupati/walikota untuk menurunkan baliho maupun spanduk yang masih memuat gambar kepala .

  • Senin, 24 Agustus 2015 - 18:54:36 WIB

    Baliho dan Spanduk Cakada Sumbar Diturunkan

    SETELAH PENETAPAN KPU

    PADANG, HALUAN—Sete­lah calon kepala daerah (cakada) Sumbar ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) seluruh alat pe­raga kampanye (APK) seperti baliho.

  • Rabu, 12 Agustus 2015 - 19:04:51 WIB

    MK Siap Cabut Baliho ASDA

    PADANG, HALUAN — Pe­makaian slogan ASDA oleh pasangan calon Gubernur Sumatera Barat mulai me­nuai protes. Anggota DPR RI asal Sumatera Barat H Epyardi Asda menyesalkan pemakaian slogan ASDA oleh salah .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]