SD 09 Surau Gadang Lestarikan Adat Budaya


Jumat, 11 Agustus 2017 - 13:37:20 WIB
SD 09 Surau Gadang Lestarikan Adat Budaya Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM  – Meski berada di pusat kota, namun ternyata SD 09 Surau Gadang, tetap berpegang teguh untuk melestarikan adat dan budaya. Sebab, Secanggih apapun kemajuan teknologi, namun tradisi dan budaya lokal mesti tetap dilestarikan. Hal itu ditanamkan para pendidik di SD 09 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo kepada muridnya agar memahami adat dan budaya Minangkabau.

“Penanaman nilai-nilai budaya adat Minangkabau di kalangan generasi muda melalui mata pelajaran Budaya Adat Minangkabau (BAM) perlu dioptimalkan di sekolah-sekolah,” kata Kepala SD 09 Surau Gadang, Elidarmi, baru-baru ini.

Pelestarian adat budaya Minangkabau, menurut Eli, memang menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kota Padang. Penanaman nilai tersebut diawali dari pendidikan dasar agat generasi memiliki landasan karakter yang sesuai Adat Basandi Syara’ – Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Praktek adat Minangkabau yang dilaksanakan murid SD 09 Surau Gadang atas bimbingan guru-guru. Ini bagian dari upaya untuk pembentukan karakter calon pemimpin masa depan yang mencintai budaya bangsa dan agamanya,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, sudah dua tahun berturut-turut pihaknya melaksanakan praktek BAM. “Sambutan tokoh masyarakat sangat baik terhadap kegiatan ini. Setiap tahun akan selalu kami laksanakan,” ujarnya. (h/rel/atv)

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]