LKAAM Harus Ikut Aturan Main Pemprov


Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:50:36 WIB
LKAAM Harus Ikut Aturan Main Pemprov Gedung LKAAM

PADANG, HARIANHALUAN.COM Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan, apabila biaya operasional gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dibiayai Pemerintah Provinsi Sumbar, LKAAM harus mengikuti aturan. Ia mempersilakan LKAAM untuk memakai gedung itu sepenuhnya, tetapi Pemprov Sumbar tidak menanggung dana operasional gedung tersebut.

“LKAAM tidak bisa meminta sesuatu yang tidak ada aturannya karena pemerintah harus mengikuti aturan. Kalau pemerintah tidak mengikuti aturan, pemerintah salah. Aturannya, aset-aset yang dibangun dengan APBN atau APBD, aset itu milik pemerintah.

Aset itu tidak boleh dimiliki pihak ketiga karena tidak ada aturan yang membenarkan kepemilikannya oleh pihak ketiga apabila tanahnya, bangunannya, dananya dari pemerintah,” ujar Irwan di Padang, Rabu (9/8).

Sebelumnya, LKAAM meminta penggunaan gedung LKAAM di samping Masjid Raya Sumbar untuk pihaknya sendiri atau tidak boleh ditempati oleh pihak lain.

Irwan tidak mempermasalahkan LKAAM memakai gedung itu sendiri, tetapi biaya operasional gedung itu harus biaya LKAAM. Namun, katanya, dulu gedung itu dipakai sendiri oleh LKAAM, tetapi gedung itu tidak terawat.

“Awalnya sudah dipakai sendiri oleh LKAAM, tetapi kemudian ditinggal. Rusak semua, kaca pecah-pecah, AC hilang, dan sebagainya. Padahal, kami merasa sudah memberikan gedung itu kepadanya,” ucap Irwan.

Karena itu, kata Irwan, Pemprov Sumbar mencarikan jalan keluarnya dengan menempatkan Dinas Kebudayaan di gedung LKAAM agar biaya operasional dan perawatannya dibiayai Pemprov Sumbar.

Apabila tidak ada organisasi perangkat daerah menempati gedung itu, Pemprov Sumbar tidak bisa membiayai dana operasional dan perawatan gedung tersebut karena dana hibah bansos tidak ada untuk LKAAM.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 13:55:31 WIB

    LKAAM  Sumbar Wajib Diberi Anggaran

    LKAAM  Sumbar Wajib Diberi Anggaran PADANG, HALUAN.COM- Ketiadaan anggaran Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) selama lima tahun belakangan harus mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi.
  • Sabtu, 21 Juli 2018 - 00:07:39 WIB

    Anak Nagari Tolak KAN Versi LKAAM Sumbar

    Anak Nagari Tolak KAN Versi LKAAM Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puluhan anak Nagari Lubuk Kilangan, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang berunjuk rasa di Kantor Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, di Jalan Diponegoro, Jumat (20/7) sekitar .
  • Jumat, 04 Mei 2018 - 11:19:22 WIB

    Akan Adakan Pertemuan, Ketua LKAAM: Gubernur Harus Lebih Bijak

    Akan Adakan Pertemuan, Ketua LKAAM: Gubernur Harus Lebih Bijak PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar M Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengatakan, menyikapi berbagai persoalan yang saat ini terjadi di Sumbar, mulainya dari maraknya LGBT, narkoba, dan adanya masalah koru.
  • Selasa, 23 Januari 2018 - 21:28:03 WIB

    LKAAM Sumbar Tolak Paten Pribadi Produk Budaya

    LKAAM Sumbar Tolak Paten Pribadi Produk Budaya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komunitas batik tanah liek, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pesisir Selatan dan pengrajin batik se-Sumbar mendatangi kantor Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Senin.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:00:06 WIB

    Soal Penggunaan Kantor LKAAM Pengurus Ancam ke Ranah Hukum

    Soal Penggunaan Kantor LKAAM  Pengurus Ancam ke Ranah Hukum “Sudah banyak yang rusak dan bolong. Bahkan AC sudah hilang, lampu hias pun sudah pecah. Ditambah lagi ada oknum yang memanfaatkan gedung ini untuk tempat maksiat. Itu tentunya bisa diperkarakan. Karena Pemprov tidak bisa m.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]