Kejar Ketertinggalan, Triliunan Rupiah Untuk Sumbar


Ahad, 06 Agustus 2017 - 21:33:02 WIB
Kejar Ketertinggalan, Triliunan Rupiah Untuk Sumbar Alex Indra Lukman

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Presiden RI, Joko Widodo sedikitnya mengusulkan belasan proyek pembangunan infrastruktur jalan di sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Barat pada RAPBN 2018. Diperkirakan, nilai proyek itu menembus angka triliunan rupiah, demi menuntaskan berbagai agenda pembangunan itu. 

“Sebagian ada yang berstatus proyek lanjutan, namun tak sedikit pula proyek baru,” ungkap Anggota Komisi V DPR RI, Alex Indra Lukman dalam siaran persnya, Minggu (6/8).

Dikatakan Alex, proyek pembangunan jalan yang akan dibiayai oleh APBN itu, dianggap pemerintah pusat bisa menyelesaikan sejumlah persoalan transportasi darat, yang melilit Sumbar selama ini. 

“Terkait pembangunan jalan baru, pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota, diharapkan menuntaskan proses ganti rugi, sehingga tidak mengganggu pelaksanaan pembangunan jalan itu nantinya,” tegas Alex yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar itu. 

Disebutkan Alex, pembangunan infrastruktur itu, untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai di antaranya, pembangunan Trans Mentawai di Sipora, di Siberut, di Pagai Utara hingga ke Pagai Selatan. 

“Di Mentawai ini, di RAPBN 2018 juga dialokasikan anggaran untuk pembenahan Bandara Rokot,” ungkap Alex. 

Untuk Kota Padang, proyek pembangunan infrastruktur jalan itu di antaranya, pembangunan ruas Jalan Teluk Kabung - Mandeh – Tarusan. Kemudian,  Jalan Purus menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). 

“Juga ada pembangunan Jembatan Lolong, Jembatan dekat Kampus Bung Hatta,” ungkap Alex, anggota DPR RI Dapil Sumbar I itu.  
Di Pasaman Barat, proyek nasional yang diusulkan di APBN 2018 yakni pembangunan Jalan Bunga Tanjung menuju Teluk Tapang. Kemudian, juga lanjutan pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang. 

“Selain itu, untuk mengurai kemacetan di Pasar Koto Baru yang merupakan pusat pasar sayur di Sumbar, pemerintah pusat juga mengusulkan pembangunan jalan alternatif sehingga arus lalu lalu lintas di jalan lintas Sumatera itu, tak terganggu lagi oleh pedagang yang meluber hingga ke badan jalan,” terang Alex. 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Oktober 2020 - 13:51:56 WIB

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap

    DPO Kejari Sawahlunto Melawan Saat Ditangkap HARIANHALUAN.COM - Terpidana kasus penipuan ratusan juta rupiah berhasil ditangkap setelah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama Tim Kejakaaan Tinggi Sumatera Barat dan Kejaksaan Negeri Sawa.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 22:29:12 WIB

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial HARIANHALUAN.COM - 22 Juli mendatang merupakan hari istimewa bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh. Kenapa tidak, pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kejaksaan di Republik Indonesia, 60 tahun silam. Karena itu, .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 21:58:52 WIB

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) termasuk satu dari tujuh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satuan kerja (Satker) menuju Wilayah Bebas .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Selasa, 14 April 2020 - 18:51:37 WIB

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa?

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa? BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi secepatnya meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Bukittinggi terkait pergeseran (refusing) anggaran APBD yang akan digunakan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak C.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]