SEDANG BERLANGSUNG: KPK Geledah PT Statika di Padang


Jumat, 04 Agustus 2017 - 19:39:35 WIB
SEDANG BERLANGSUNG: KPK Geledah PT Statika di Padang Sejumlah wartawan standby di depan PT Statika, Padang. HUDA

PADANG, HALUAN –Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan penggeledahan di Kantor PT Statika Mitrasarana, Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Jumat (4/8) malam. Puluhan polisi bersenjata lengkap dan berpakaian preman tampak hilir mudik di dalam perkantoran yang bergerak di bidang general kontraktor tersebut. 

Saat ditanya Haluan, sejumlah polisi yang berjaga mengaku hanya melakukan pengamanan dan tidak mengetahui, apa yang dilakukan petugas Bareskrim di dalam kantor. “Kami hanya mengamankan,” ujar petugas. Penggeledahan dilakukan terkait kasus OTT Gubernur beberapa waktu yang lalu.

Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dipastikan menerima suap senilai Rp 1 miliar dari PT Statika Mitra Sarana (PT SMS) yang diberikan dalam sebuah kardus saat ditangkap KPK. Uang Rp 1 M itu diduga sebagai suap atas dua proyek pembangunan jalan. Dua proyek jalan tersebut berada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu."Diduga pemberian uang terkait dengan fee proyek yang dimenangkan oleh PT SMS di Provinsi Bengkulu,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dalam jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Juni lalu.

“Jadi dua proyek di Kabupaten Rejang Lebong itu proyek pembangunan peningkatan jalan TES-Muara Aman dan proyek pembangunan peningkatan jalan Curug Air Dingin Kabupaten Rejang Lebong,” ujar Alex.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan empat tersangka, yakni Ridwan dan istrinya, Lili Martiani Maddari serta dua pengusaha Jhoni Wijaya (Dirut PT SMS) dan Rico Dian Sari.Uang sebesar Rp 1 miliar diduga diterima Lili di kediamannya di kawasan Sidomulyo, Bengkulu. Rico Diansari yang merupakan Bendahara DPD Golkar Provinsi Bengkulu langsung ditangkap KPK setelah menyerahkan uang dalam kardus. (h/mg-adl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]