Diisi 200 Pedagang, Pasar Pagi Purus Tak Ada MCK


Jumat, 04 Agustus 2017 - 09:47:37 WIB
Diisi 200 Pedagang, Pasar Pagi Purus Tak Ada MCK Ilustrasi/ Foto adamanipest.blogspot.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pedagang Pasar Pagi Purus Kecamatan Padang Barat keluhkan, tidak adanya MCK (Mandi Cuci Kakus) di lokasi tempat mereka berdagang. Akibatnya, menimbulkan bau tidak sedap di sekeliling pasar.

"Kami minta pemerintah atau pengelola pasar menyediakan MCK di Pasar Pagi, karena ketika akan membuka kedai pagi hari terasa bau seperti air kencing orang dewasa," kata salah seorang pedagang Jon (45), Rabu (2/8).

Jika sudah ada  MCK, maka tidak ada lagi masyarakat yang tidak bertanggung jawab  membuang air kencing di sembarang tempat.

"Padahal,  kondisi Pasar Pagi Purus ini sudah tertata dengan rapi sejak dahulunya. Tapi, sayangnya bau pesing karena tidak ada MCK," katanya.

Pedagang di pasar pagi ini, sebagian ada yang tetap dan  tidak. Dengan jumlah pedagang,  sekitar  200 orang. Dan, bentuk dagangan yang dijual bervariasi jenisnya.

Menurut Nur (55) pedagang sayur, kalau bisa pemerintah atau pengelola pasar menyediakan MCK di pasar pagi ini.

"Karena, orang-orang yang tidak beretika buang air sembarangan. Sehingga, paginya ketika akan buka kedai bau sekali," katanya.

Ia berharap, pemerintah memperhatikan keluhan pedagang pasar pagi yang tidak memiliki MCK.

Selain itu, kalau ada MCK maka kebersihan terjaga dan kesehatan. Karena, bau kencing orang dewasa jika dihirup terus akan menyebabkan penyakit.

Sementara itu, salah seorang pengunjung  Erna (43) mengatakan,  dirinya senang berbelanja ke kawasan pasar pagi ini, karena pedagang yang berjualan tertata rapi dan tidak semrawut.

" Ya, tempatnya teratur, bersih pula lagi. Tapi, sayangnya kalau mau buang air gak tahu mau kemana. Kalau bisa, ada MCK dipasar pagi ini sehingga, kalau pengujung ingin buang air gak mikir mau kemana lagi.

Apalagi kalau belanja di pasar pagi ini, harganya cukup murah dan terjangkau. Makanya, banyak orang membeli kebutuhan di pasar pagi dan tidak perlu ke pasar raya. Semua yang diperlukan ada disini, baik ikan, ayam dan lain sebagainya," ujarnya.(h/ade)

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 07 November 2016 - 01:01:30 WIB
    KHUSUS JUAL IKAN DAN AYAM

    Inpres IV Akan Diisi 393 Pedagang

    PADANG, HALUAN — In­pres IV Pasar Raya Padang yang sedang dalam pengerjaan ren­cananya akan diisi oleh pe­dagang barang dagangan basah seperti ikan, daging dan ayam. Jumlah kapasitas Inpres IV diperkirakan akan diisi sek.
  • Jumat, 28 Oktober 2016 - 01:14:47 WIB

    Jalan Sandang Pangan Dominan Diisi Pedagang Ikan

    Jalan Sandang Pangan Dominan Diisi Pedagang Ikan PADANG, HALUAN — Ruas kiri dan kanan Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang yang dipenuhi oleh pedagang didominasi oleh pedagang ikan. Mulai dari persimpangan hingga ke tengah sebelah kiri diisi oleh pedagang ikan..
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 13:13:51 WIB

    HUT RI Diisi Lomba Azan

    HUT RI Diisi Lomba Azan PADANG, HALUAN — Sambut HUT RI ke-71 tahun, Masjid Nurul Ikhlas Andalas menyelenggarakan lomba azan dan lomba tilawah antar remaja, Rabu (17/8)..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]