Warga Aia Dingin Solok Tuntut Pengelola Tambang Galian C


Selasa, 01 Agustus 2017 - 19:43:39 WIB
Warga Aia Dingin Solok Tuntut Pengelola Tambang Galian C Tuntut--Puluhan masyarakat Jorong Cubadak nagari Aia Dingin Kec. Lembah Gumanti menyampaikan tuntuan, terhadap aktivitas tambang galian C yang beroperasi di daerah itu. Tuntutan itu disampaikan dalam musyawarah yang difasilitasi oleh walinagari setempat, Selasa (1/8) YUTIS WANDI

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Puluhan masyarakat dari Jorong Cubadak Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok kembali menyampaikan tuntutannya terkait keberadaan aktivitas tambang galian C yang beroperasi di nagari tersebut, Selasa (1/8).

Rombongan warga yang merupakan perwakilan dari Ninik mamak, Pemuda dan tokoh masyarakat lainnya itu, meminta pihak tambang yang dikelola oleh CV. PYLM memenuhi dan menyepakati beberapa tuntutan.

Dari informasi nan dihimpun Haluan menyebutkan, Aksi warga ini tidak sampai kepada tindakan anarkis. Karena pihak pemerintah nagari langsung tanggap dan memfasilitasi kedua belah pihak untuk duduk bersama dalam mencari kata mufakat terkait persoalan ini.

 "Ada sekitar 50 orang warga yang hadir, termasuk dari pihak pengelola tambang," kata Wali Nagari Aia Dingin Petrizal menjawab Haluan.

Dari musyawarah yang dilakukan di ruang pertemuan kantor wali nagari setempat itu, ada dua tuntutan yang paling urgen yang harus dipenuhi oleh pihak tambang kepada masyarakat.

Pertama, pihak pengelola tambang diminta untuk memperbaiki kembali jalan PPIP /PNPM sepanjang 312 meter yang rusak parah akibat lalu lintas truk pengangkut hasil galian C tersebut.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]