Pecat Empat Anggotanya, Kakanwil Kemenkumham: Tidak Ada Tebang Pilih


Kamis, 27 Juli 2017 - 19:39:57 WIB
Pecat Empat Anggotanya, Kakanwil Kemenkumham: Tidak Ada Tebang Pilih PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia Provinsi Sumatera Barat (Kakanwil Kemenkumham Sumbar) Dwi Prasetyo Santoso, melakukan inspeksi mendadak (Sidak), dalam rangka melakukan tes urine kepada sejumlah petugas Sipir dan Narapidana di Rumah Tahanan (Rutan), Klas II B Painan. Kamis, (27/7).

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia Provinsi Sumatera Barat (Kakanwil Kemenkumham Sumbar) Dwi Prasetyo Santoso, melakukan inspeksi mendadak (Sidak), dalam rangka melakukan tes urine kepada sejumlah petugas Sipir dan Narapidana di Rumah Tahanan (Rutan), Klas II B Painan. Kamis, (27/7).

Pada kesempatan itu, sebanyak 100 orang warga binaan Rutan Klas II B Painan, dan 24 petugas di Rutan dilakukan tes urine secara bersamaan. Petugas medis yang melakukan pengecekkan urine tersebut terlihat menggunakan media Integrated E-Z Split Key Cup, dalam waktu beberapa menit saja, lima macam zat adiktif yang tergantung dalam urine akan langsung diketahui.

"Ya, Sidak kali ini, terkait adanya sejumlah laporan dan pemberitaan di media massa, tentang lemahnya pengawasan di dalam Rutan Klas II B Painan. Makanya kita pastikan kebenaran informasi itu, dan langsung kita lakukan cek urine kepada petugas Sipir dan Napi," sebut Kakanwil Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso, di Painan.

Ia menegaskan, tidak akan tebang pilih dalam melakukan penindakan hukum. Jika nanti terbukti ada terindikasi oknum petugas memakai narkoba, maka akan langsung di pecat. Bagi penghuni lapas/rutan yang terbukti mengkonsumsi narkoba, maka akan dipindahkan ke Nusa Kambangan.

"Siapapun nanti orangnya akan kita tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku, kalau petugas yang terlibat, maka akan kita lakukan upaya pembinaan terlebih dahulu. Kalau masih tidak mau dibina, ya, kita binasakan," tegasnya.

Diakuinya, saat ini ada sejumlah pegawainya yang nakal. Bahkan, ia sudah mengajukan pemecatan kepad empat anggotanya di Sumbar.

“Tapi itu belum permanen, tinggal menunggu keputusan dari pusat," jelasnya.(h/mg-kis)

 

Baca juga: Kakanwil-kemenkumham-sumbar-sidak-ke-rutan-klas-ii-b-painan-lima-orang-napi-positif-narkoba

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 September 2020 - 22:50:20 WIB

    Raja Salman Pecat Pangeran Fahd dan Bangsawan Kerajaan Lainnya

    Raja Salman Pecat Pangeran Fahd dan Bangsawan Kerajaan Lainnya HARIANHALUAN.COM - Raja Salman dari Arab Saudi memecat dua bangsawan kerajaan dan merekomendasikan keduanya bersama dengan empat perwira militer untuk diselidiki dalam kasus korupsi di Kementerian Pertahanan. Pencopotan itu d.
  • Selasa, 01 September 2020 - 11:41:06 WIB

    Raja Salman Pecat Dua Anggota Kerajaan Terkait Kasus Keuangan

    Raja Salman Pecat Dua Anggota Kerajaan Terkait Kasus Keuangan HARIANHALUAN.COM - Sejumlah pejabat Arab Saudi, termasuk dua anggota keluarga kerajaan, dipecat. Dekrit kerajaan menyampaikan, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz membebastugaskan Pangeran Fahad bin Turki dari jabatannya se.
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 14:42:49 WIB

    Terparah dalam Sejarah! 2.850 Pilot Maskapai Ini Bakal Dipecat

    Terparah dalam Sejarah! 2.850 Pilot Maskapai Ini Bakal Dipecat HARIANHALUAN.COM - Maskapai asal Amerika Serikat (AS), United Airlines berencana memangkas 2.850 pilotnya atau 21% dari 13.000 total pilot. Jumlah itu akan menjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) terbesar dalam sejarah maskapa.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 07:08:48 WIB

    Corona Mewabah, RS di AS Ancam Pecat Tenaga Medis

    Corona Mewabah, RS di AS Ancam Pecat Tenaga Medis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rumah sakit AS sekarang mengancam akan memecat tenaga medis yang mempublikasikan kondisi kerja mereka selama pandemi COVID-19..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 18:48:55 WIB

    Kasihan, Qatar Airways Pecat 200 Karyawannya, Bangkrut Ya?

    Kasihan, Qatar Airways Pecat 200 Karyawannya, Bangkrut Ya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Qatar Airways memberhentikan sekitar 200 karyawan, yang semuanya merupakan warga negara Filipina berbasis di Qatar pekan ini. Kebijakan itu diambil ketika wabah virus corona atau COVID-19 yang m.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]