Mengenal Hepatitis, Penyakit yang Menyerang Hati Manusia


Kamis, 27 Juli 2017 - 14:14:29 WIB
Mengenal Hepatitis, Penyakit yang Menyerang Hati Manusia Ilustasi.NET

 Oleh: Kenny Afrianti (Mahasiswa Stikes Fort De Kock Bukittinggi,Prodi S1 Kesehatan Masyarakat) 

Kita semua ingin bebas melakukan aktivitas yg patut tanpa ada sesuatupun yg dapat menghalangi kita untuk mengekspresikan bakat kita masing-masing bukan? Namun, sayang sekali beberapa dari antara kita ada yang terbatasi oleh gangguan penyakit seperti Hepatitis.

Mari coba kita pahami apa itu hepatitis dan pencegahan apa yg penting kita lakukan. Kemudian, bila sudah terjangkit, tindakan apa yang dapat kita tempuh untuk mengatasinya.Hepatitis merupakan peradangan organ hati atau liver. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang organ vital manusia yaitu hati.

Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab penyakit hepatitis ini antara lain adalah infeksi virus, gangguan metabolisme, konsumsi alkohol, penyakit autoimun, hasil komplikasi dari penyakit lain, efek samping dari konsumsi obat-obatan maupun kehadiran parasit dan bakteri dalam hati. Dari sekian banyak faktor, virus menduduki peringkat pertama sebagai penyebab paling banyak penyakit hepatitis.

Hepatitis Akibat Virus

Infeksi virus masih menjadi penyebab utama penyakit hepatitis. Ada beberapa jenis virus yg menyebabkan hepatitis, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, virus hepatitis E, dan virus hepatitis G. Beberapa virus-virus ini terdapat pada makanan yang tidak bersih dan hubungan seks yang tidak sehat dan tidak normal.

Penyakit hepatitis paling sering disebabkan oleh virus, adapun penyebab dan cara penularannya adalah sebagai berikut:

  • Hepatitis A virus (HAV)

menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi dan yang paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Perilaku seksual tertentu juga dapat menyebabkan penularan.

  • Hepatitis B virus (HBV)

ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi, air mani, dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayi pada saat lahir. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan suntikan narkoba berganti-gantian.

  • Hepatitis C virus (HCV)

sebagian besar ditularkan melalui paparan darah dan seperti paa penularan hepatitis B.

  • Hepatitis D Virus (HDV

 infeksi hanya menyerang pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang lebih buruk.

  • Hepatitis E virus (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis.

Penyebab Hepatitis Non-Virus

Selain serangan virus, penyebab hepatitis lainnya dapat dipicu oleh bahan kimia seperti racun, jamur beracun, kloroform, dan minuman beralkohol. Selain itu, hepatitis juga dapat disebabkan oleh metabolisme yang abnormal. Ini terjadi karena timbunan lemak yang berlebihan di organ hati. Kondisi ini sering kali dialami oleh wanita selama kehamilan yang disebabkan oleh pola makan yang salah. Selain itu juga bisa terjadi karena kelebihan unsur tembaga di sekitar organ hati dan otak.

Gejala-Gejala Hepatitis

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 September 2017 - 19:35:17 WIB

    Ajak Masyarakat Mengenal Obat, Bupati Pasbar Canangkan Gema Cermat

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran mencanangkan Gerakan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ( Gema Cermat) di gedung Balerong Tuah Basamo Simpang Empat Pasaman Barat, Kamis (14/9)..
  • Selasa, 01 Agustus 2017 - 21:11:33 WIB

    Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

    Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Menyerang Paru-Paru Anda pernah pernah mendengar panyakit pneumonia? Mungkin sebagian belum banyak tahu. Berikut pengeetian apa itu pneumonia, gejala dan pengbatannya..
  • Senin, 31 Juli 2017 - 20:41:08 WIB

    Mengenal Malaria, Penyakit yang Mamatikan

    Mengenal Malaria, Penyakit yang Mamatikan HARIANHALUAN.COM--Malaria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk..
  • Kamis, 27 Juli 2017 - 13:58:57 WIB

    Mengenal Tetanus, Penyakit yang Menyerang Syaraf dan Otot

    Mengenal Tetanus, Penyakit yang Menyerang Syaraf dan Otot Penyakit Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menghasilkan racun neurotoxin yang menyerang saraf sehingga dapat membuat kontraksi otot yang menyakitkan terutama otot rahang dan leher serta dapa.
  • Rabu, 26 Juli 2017 - 21:23:04 WIB

    Mengenal Kusta, Penyakit Kulit yang Populer di Indonesia

    Mengenal Kusta, Penyakit Kulit yang Populer di Indonesia Kusta termasuk salah satu penyakit tertua di dunia. Kata kusta berasal dari bahasa India 'kustha', yang dikenal 1400 sebelum masehi sebagai penyakit menular tidak fatal yang mengenai kulit, sistem saraf tepi, saluran pernapas.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]