Tingkatkan Kesejahteraan, Petani Sijunjuing Mulai Bertanam Terung


Kamis, 27 Juli 2017 - 13:13:44 WIB
Tingkatkan Kesejahteraan, Petani Sijunjuing Mulai Bertanam Terung Kepala Jorong Kapalo Koto, Imran Catio menunjukkan panen terung dari kebun miliknya, Rabu (26/7). Budidaya terung dinilai sangat menguntungkan disamping menanam semangka. OGI

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM—Terung merupakan salah satu sayuran favorit. Namun saat ini terung yang ditemui di pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sijunjung, kebanyakan dipasok dari luar daerah.

Melihat hal itu, petani di Jorong Kapalo Koto, Kenagarian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan pun berinisiatif untuk mengembangkan budidaya terung di lahan warga sebagai alternatif peningkatan perekonomian dan kesejahteraan petani. Apalagi saat ini harga karet tak kunjung membaik.

Kepala Jorong Kapalo Koto, Kenagarian Padang Sibusuk, Imran Catio mengatakan, bahwa selain menanam semangka, tanaman dengan nama latin Solanum Melongena ini menjadi pilihan untuk dibudidayakan di daerahnya. Hal ini tak terlepas dari karakteristik tanah di Jorong Kapalo Koto yang cenderung kering.

Saat ini luasan tanaman terung yang ditanam Imran Catio baru sekitar ¼ hektare. Dia sudah melakukan beberapa kali panen. Hasilnya cukup lumayan untuk menambah penghasilan dan petani lainnya.

“Saat ini harga terung jauh lebih baik dibanding beberapa waktu lalu, berkisar Rp4.000/kg hingga Rp5.000/kg,” kata Imran Catio yang digadang-gadang bakal maju sebagai Walinagari Padang Sibusuk.

Terung mengalami fase-fase harga tertinggi biasanya saat musim kemarau dan menjelang Idul Fitri. Selain itu, budidaya terung ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan bagi para petani karet untuk menambah penghasilan mensiasati harga karet yang saat ini tak kunjung membaik.

Imran Catio mengungkapkan, setiap panen dua kali dalam seminggu biasanya tak kurang menghasilkan 500 kg terung dari lahan ¼ hektare tersebut. Melihat potensi tersebut, pihaknya pun sempat bingung untuk memasarkannya.

Namun berkat dukungan istri serta keluarganya, akhirnya peluang pemasaran terung pun terbuka. Saat ini telah ada pelanggan tetap yang membeli terung untuk dipasarkan di pasar-pasar tradisional di wilayah Kabupaten Sijunjung.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]