Ekspor Ikan Tuna Sumbar Turun Dratis


Rabu, 26 Juli 2017 - 19:03:25 WIB
Ekspor Ikan Tuna Sumbar Turun Dratis Ilustasi/Haluan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Selama dua tahun terakhir ini, produksi ikan tuna di Sumatera Barat (Sumbar) untuk diekspor turun drastis. Berdasarkan data yang disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam acara "Temu Bisnis Investasi Sektor Kelautan dan Perikanan" di Jakarta, Rabu (26/7), pada tahun 2016 Sumbar hanya mengekspor produksi ikan tuna hanya 308.682 kg.

Pada hal di tahun 2012, Sumbar berhasil mengekspor ikan tuna 1,250 juta kg dan meningkat tahun berikutnya menjadi 1,445 juta kg. Kemudian tahun 2014 turun menjadi 1,424 juta kg dan turun drastis di tahun 2015 hanya 500 kg dan turun lagi di tahun 2016 menjadi 308.682 kg.

Namun, Gubernur Irwan Parayitno dengan pernyataan kontradiksi dengan angka disampaikannya itu menyebutkan bahwa bisnis perikanan di Sumbar mengalami trend perkembangan positif yang ditandai dengan peningatkan produk dan permintaan pasar serta munculnya pelaku usaha baru.

"Pemasaran hasil perikanan dilakukan secara kontinu, baik dalam dan luar negeri. Untuk ekspor tuna segar ke Jepang dan tuna olahan ke Amerika Serikat," kata Irwan Prayitno berpromosi tanpa menyebutkan kendala-kendala yang akan dihadapi para investor.

Karena itu dia mengajak para investor dan pelaku usaha baru sektor kelautan dan perikanan masuk ke Sumbar. Terutama dia mengarapkan para pengusaha asal Sumbar untuk berinvestasi di Sumbar.

"Kepada investor dan pelaku usaha yang sudah ada untuk tetap eksis dalam menjalankan usahanya serta mengembangkan bisnis di Sumbar," harap Irwan Prayitno yang juga menyebutkan peluang investasi "yang menjanjikan" keuntangan di sektor kelautan dan perikanan lainnya, yaitu, budidaya karpu, budidaya rumput laut, tambak undang sampai ke budidaya kerang mutiara.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]