Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter


Rabu, 26 April 2017 - 09:04:21 WIB
Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter

PADANG, HALUAN -- Pemerintah Kota Padang saat ini sedang merancang konsep tentang pembangunan sekolah shelter. Konsep sekolah shelter tersebut nantinya akan dibangun pada daerah-daerah  zona merah terutama  di sepanjang pesisir pantai.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, kepada Haluan mengatakan Pemko Padang telah melakukan diskusi dan menawarkan konsep sekolah shelter tersebut kepada Kepala BPBD Provinsi Sumbar.

“Pada tanggal 3 Mei 2017, akan dilakukan seminar dan memberitahukan kepada BNPB, Kementrian Pendidikan, Kementrian Keuangan, dan pihak terkait tentang konsep pembangunan sekolah shelter tersebut, “ ujar Mahyeldi.

Mahyeldi mengungkapkan, konsep sekolah shelter tersebut  terbagi dua. Yakni saat dalam kondisi aman dimana gedung dapat digunakan sebagai ruang kelas. Sementara jika terjadi bencana dimanfaatkan sebagai tempat penampungan pengungsi, tempat  penerimaan bantuan, tempat kegiatan pembinaan trauma konseling bagi pengungsi, khususnya peserta didik yang mengalami trauma fisik.

Menurut Walikota, di negara Jepang dan beberapa negara rawan bencana lainnya, sekolah-sekolah telah dirancang sebagai tempat yang aman digunakan untuk penyelematan dini jika terjadi bencana gempa berpotensi tsunami.

"Kita dapat mencontoh negara Jepang yang menjadikan sekolah sebagai shelter. Negara yang juga sangat rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami," kata Mahyeldi.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]