Tetap Waspada Hingga Akhir Januari. Ini Penjelasan BMKG


Jumat, 06 Januari 2017 - 09:56:05 WIB
Tetap Waspada Hingga Akhir Januari. Ini Penjelasan BMKG

PADANG, HALUAN  – Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji, kepada Haluan mengatakan, cuaca ekstrim yang melanda Sumbar beberapa hari belakangan memang tidak bisa diprediksi kapan akan berakhrinya. Mengingat cuaca ekstrim masih akan terus terjadi. “Kadang timbul dan kadang hilang seketika,” katanya.

Namun yang ada katanya, pengurangan frekuensi terjadinya cuaca ekstrim tersebut. “Jadi, estimasi kita pada akhir Januari mulai berkurang frekuensinya,” ungkap Budi saat dihubungi Kamis (5/1).

Dijelaskan Budi Samiaji, setiap cuaca ekstrim memiliki pola sendiri. Pola ini yang akan berakhir dan kemudian waktu akan muncul pola cuaca berikutnya yang menimbulkan cuaca ekstrim. “Dan pada suatu waktu juga tidak ada pola cuaca ektrem sehingga cuaca kondusif. Setelah itu bisa saja terbentuk pola baru cuaca ektrem,” paparnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menyebutkan ada tujuh wilayah yang terdampak banjir dan longsor. Diantaranya, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, dan Kabupaten Limapuluh Kota. (h/isr)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]