BASARUDIN JABAT WAGUB AKPOL

Urang Awak, Brigjen Pol Fahkrizal Jadi Kapolda Sumbar


Jumat, 23 Desember 2016 - 01:51:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Urang Awak, Brigjen Pol Fahkrizal Jadi Kapolda Sumbar Brigjen Pol. Drs Fahkrizal M.Hum.

PADANG, HALUAN — Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Drs Fahkrizal M.Hum akan menggantikan Brigjen Pol. Basarudin sebagai Kepala kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar. Pergantian itu sesuai Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor: ST/3072/XII/2016 pada tanggal 22 Desember 2016. Basarudin selanjutnya akan mendu­duki jabatan baru sebagai Wagub Akpol Lemdikpol, sedangkan Kapolda Sumbar yang baru Fakhrizal sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

 

Brigjen Pol Fakhrizal dilantik sebagai Kapolda Kalteng pada tahun 2015 lalu. Sebelumnya, pria kelahiran Bukittinggi ini men­jabat sebagai Karopaminal Divpropam Mabes.

 

Wakil Kepala Kepolisian Dae­rah (Wakapolda) Sumbar, Kombes Pol Nur Afiah membenarkan, dengan adanya pergantian Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin kepada Brigjen Pol Fakhrizal.

 

“Saya juga baru dapat Telegram Rahasia (TR), di mana surat dari Kapolri itu bahwa Brigjen Pol Basarudin diganti oleh Brigjen Pol Fakhrizal. Namun, saya tidak tahu kapan dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) di Mabes Polri,” katanya saat dihubungi Haluan, Kamis (22/12).

 

Dikatakannya, pergantian ditubuh Polri ini adalah hal yang biasa. “Tentunya, mutasi ini untuk penyegaran sesuai kebutuhan organisasi dan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Selain itu, juga dalam rangka pembinaan personel sebagai wujud dari sistem pembinaan karier di lingkungan Polri. Biasanya, serah terima jabatan tersebut dilakukan di Mabes Polri paling lambat 14 hari setelah TR keluar.

 

Dijelaskan Nur Afiah, pergantian perwira tinggi Polri ini merupakan bentuk regenerasi internal dalam menyongsong tugas dalam menghadapi dina­mika tugas yang makin rumit dan penuh risiko di masa mendatang.

 

Tugas polisi ke depan bertambah kompleks, kata Nur Afiah, dari konflik antarwarga, kriminalisme, tirani mayoritas terhadap minoritas, sampai pada aksi terorisme. Oleh karenanya, polisi harus mampu memenuhi tanggung jawab tersebut.

 

“Jangan sampai ada kesan kita kurang responsif atau membiarkan anarkisme terjadi. Kita dituntut makin cermat dan gigih,” ungkapnya.

 

Selain pergantian Kapolda Sumbar, dalam TR kapolri tersebut juga diganti sejumlah perwira tinggi polri, di antaranya Brigjen Pol Drs. Anang Revandoko, Wakakor Brimob Polri diangkat sebagai Kapolda Kalteng. Posisi Anang digantikan Waka Polda Kalsel, Kombes Pol Iriyanto. Kemudian Kombes Pol Drs. Ade Rahmat Suhendi, Irwasda Polda Kalsel diangkat sebagai Wakapolda Kalsel. (h/nas)

 

Editor : Rivo Septi Andries



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Mei 2018 - 20:36:32 WIB

    Jam Kerja ASN Dikurangi Hingga Dua Jam

    Jam Kerja ASN Dikurangi Hingga Dua Jam PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) dikurangi satu hingga dua jam dari biasanya selama bulan Ramadan untuk menjaga khusuknya iba.
  • Selasa, 03 April 2018 - 21:47:02 WIB

    Pemprov Sumbar Kurang Serius Urus Perda LGBT

    Pemprov Sumbar Kurang Serius Urus Perda LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM – Keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dalam pencegahan Lesbian, Gay, Biseks, dan Transgender dipertanyakan. Persoalan ini sudah memantik kerisauan, sementara draft revisi Perda Maksiat y.
  • Kamis, 30 November 2017 - 09:27:08 WIB

    Melapor ke Ombudsman, Peserta Tes CPNS Asal Sumbar Merasa Dicurangi

    Melapor ke Ombudsman, Peserta Tes CPNS Asal Sumbar Merasa Dicurangi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat menerima pengaduan masyarakat tentang sistem penerimaan CPNS di Kementerian Keuangan yang baru diumumkan Rabu (29/11) malam. Pelapor mengaku.
  • Selasa, 12 September 2017 - 01:35:46 WIB

    DAU Solsel Berkurang Rp8,5 Miliar

    DAU Solsel Berkurang Rp8,5 Miliar SOLOK SELATAN, HALUAN - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) sampaikan nota pengantar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017 saat sidang Paripurna di DPRD setempat, Senin (11/9). Pada sidang ini, terjadi usul.
  • Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:45:04 WIB

    Jumlah Pendamping Medik JCH Dinilai Kurang

    Jumlah Pendamping Medik JCH Dinilai Kurang PADANG, HALUAN - Betti menilai pendamping dari medis Jamaah Calon Haji (JCH) saat ini kurang, karena dengan jumlah JCH yang sekian banyak dalam satu Kloter hanya didampingi oleh 1 orang dokter dan 2 orang perawat..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM