LOMBA FILM ANIMASI

Tak Kalah dengan Karya Animator Asing


Jumat, 04 November 2016 - 00:17:40 WIB
Tak Kalah dengan Karya Animator Asing PARA pemenang Lomba Film Animasi Sumbar 2016 menerima hadiah dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar.

PADANG, HALUAN —Peluang usaha itu sangat banyak. Salah satunya sektor ekonomi kreatif bidang film animasi. Para pelaku yang menekuni film animasi ini, bisa mendulang rupiah dari karya-karya kreatifnya. Me­mang usaha yang satu ini butuh keahlian khusus dari pelakunya, minimal men­yukai film animasi.

Hanya saja ekonomi kre­atif film animasi ini, belum populer di Ranah Minang. Tidak banyak masyarakat yang tahu dan mengenal para pegiat animasi maupun kar­ya-karya mereka. Karena itu, melalui Lomba Film Animasi Sumbar 2016 yang dihelat Dinas Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif Sumbar, di­harap­kan para animator itu mendapat ruang berkreasi.

“Kita sengaja mengun­dang sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pem­prov Sumbar dan stakeholder lainnya, agar melihat lang­sung karya-karya animator Ranah Minang. Karya me­reka tak kalah dengan mereka yang di Jakarta,” ujar Sekre­taris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Karnalis Kamarudin, Kamis (3/11), saat pengumuman pemenang lomba.

Karya-karya animasi ini dapat dimanfaatkan SKPD maupun stakeholder terkait lainnya sebagai media pro­ mosi dan sosialisasi program yang menarik dan unik. Se­bab sosialisasi tatap muka dan pemarapan, kadang men­je­mukan. Melalui animasi ini, diharapkan pesan-pesan pe­m­­bangunan dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

“Pesan pembangunan at­au sosialisasi program yang disampaikan melalui film animasi, dirasakan sangat tepat dan jitu,” katanya.

Dalam lomba tersebut, 11 karya animasi ditampilkan dengan mengusung tema Eksotik Ranah Bundo Nan Rancak. Semua karya ani­masi itu, mengundang decak kagum penonton yang hadir.

Sedangkan pemenangnya adalah Juara I Piapi Ani­mation dengan karya Piai, Juara II Holilul Ramhan Hendrata dengan karya Pe­sona Sumbar, Juara III Aris­man dengan karya This Is Minangkabau. Juara Harapan I diraih Yolanda Ihsan de­ng­an karya Ayo Ngetrip ke Sumbar dan Juara Harapan II diraih Andalas Animasi de­ngan karya Talempong.

“Para pemenang berhak mendapatkan tropy dan pia­gam penghargaan serta uang tunai. Tetaplah berkarya,” kata Kabid Media Desain dan Iptek, Afrimas usai pen­ye­ra­han hadiah pada pemenang.

Dikatakan, sektor eko­nomi kreatid film animasi ini memang baru dibina secara intensif sejak 2 tahun terak­hir. Diharapkan ke depan, perkembangannya bisa lebih signifikan dan sejajar dengan sektor ekonomi kreatif lainnya. (h/vie)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 Oktober 2020 - 21:59:52 WIB

    Penyaluran Tenaga Kerja di Kota Pariaman Tak Lancar Terdampak Covid-19

    Penyaluran Tenaga Kerja di Kota Pariaman Tak Lancar Terdampak Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Di Bidang Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Naker Kota Pariaman, sampai saat ini sudah tédaftar 1.500  pencari kerja. Jumlah tersebut bila dibanding tahun lalu, naik. .
  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 14:03:02 WIB

    Tak Bayarkan Gaji, AirAsia Digugat Karyawan!

    Tak Bayarkan Gaji, AirAsia Digugat Karyawan! HARIANHALUAN.COM - AirAsia Indonesia digugat oleh 14 karyawan tetapnya. Gugatan itu dilayangkan karena gaji yang tidak dibayar selama 6 bulan..
  • Rabu, 21 Oktober 2020 - 07:29:52 WIB

    Siap-siap, Buruh Ancam Demo Jika Upah Minimum 2021 Tak Naik

    Siap-siap, Buruh Ancam Demo Jika Upah Minimum 2021 Tak Naik HARIANHALUAN.COM - Federasi Serikat Pekerja Tekstil, Sandang, dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP TSK SPSI) menolak wacana pemerintah untuk tidak menaikkan upah minimum 2021. Pasalnya, kebijakan itu dinilai merug.
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 13:21:11 WIB

    Begini Rincian Hitungan Pesangon Pensiun dalam UU Ciptaker

    Begini Rincian Hitungan Pesangon Pensiun dalam UU Ciptaker HARIANHALUAN.COM - Undang-undang (UU) Cipta Kerja (Omnibus Law Ciptaker) yang sudah disahkan parlemen pada Senin (5/10/2020) dalam Sidang Paripurna DPR, ternyata memuat adanya perubahan mengenai pesangon yang diterima pekerja.
  • Kamis, 15 Oktober 2020 - 23:16:05 WIB

    Upah Minimum 2021 Dipastikan Tak Naik!

    Upah Minimum 2021 Dipastikan Tak Naik! HARIANHALUAN.COM - Musim pembahasan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) telah tiba. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pembahasan upah bersamaan dengan pengesahan UU Ciptaker dan dam.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]