HPS 2016, Bukittinggi Bertabur Juaras


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:27:43 WIB
HPS 2016, Bukittinggi Bertabur Juaras Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno beserta Nevi Irwan Prayitno, Wawako, Irwandi, dan Ketua TP-PKK, Yesi Endriani, mengamati aneka pangan lokal yang dipamerkan petani Kota Bukittinggi pada pameran dan lomba makanan bergizi pada ajang Hari Pangan Sedunia (HPS) 2016 di Kota Solok, Kamis (13/10) kemarin.

BUKITTINGGI, HALUAN  — Kota Bukittinggi berhasil menyabet sejumlah prestasi dan penghargaan pada berbagai lomba yang digelar Dinas Per­tanian Sumbar sekaitan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2016 di Kota Solok. Sedikitnya, kon­tingen Kota Jam Gadang meng­gondol tujuh juara dari empat kategori lomba tanaman hias ditambah juara pertama Adhi­karya Pangan.

Peringkat tertinggi bidang Adhikarya pangan itu di­per­sem­bahkan kelompok Pelangi Ke­lura­han Bukik Apik Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, untuk kategori olahan pangan lokal. Sedangkan lomba tan­aman hias kategori angrek spe­cies juara I atas nama Merina Erita dan juara II atas nama Refi.

Kategori Antorium Gen­mani juara I dan II. Juara I kategori Bonsai serta juara II kategori Sansaifiera masing-masing atas nama Masawi serta juara III Sansaifiera atas nama Nurlela. Masawi yang sukses memborong beberapa juara merupakan pengelola usaha tanaman hias di Bukittinggi.

Para pemuncak tersebut di­umum­kan pada puncak HPS di areal terminal Bareh Solok Kota solok, Kamis (13/10), sekaligus pemberian hadiah bagi peme­nang. HPS yang juga ditan­dai kegiatan pameran dari Kota Wisata dihadiri langsung Wakil Walikota, Irwandi bersama Ketua TP-PKK, Yesi Endriani, Kakan Ketahan Pangan, Yetti Asra, dan Kabag Humas, Yulman.

Wawako Irwandi men­yem­but sukses yang diraih Kota Wisata pada ajang bergengsi HPS tingkat Sumbar itu dengan penuh sukacita dan rasa syukur. Hal itu hendaklah memotivasi semangat para petani untuk terus mengembangkan potensi lokal, sehingga bisa memberi kontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Lahan pertanian terbatas bukan halangan bagi kita untuk meraih prestasi, justru kita mesti mampu mengembangkannya secara baik,”kata Irwandi di sela-sela kegiatan tersebut.     

Tanaman hias menurut Ir­wandi lagi, memiliki potensi cukup besar untuk dikem­bang­kan di Bukittinggi. Selain iklim yang sangat bersahabat penge­lolaannya juga tak butuh lahan luas. Yang pasti eksistensi se­bagai Kota Wisata meniupkan angin segar bagi petani untuk pengembangan usaha sekaligus pemasarannya. Apalagi di Bukit­tinggi juga cukup banyak ber­bagai kegiatan dan acara yang digelar, sehingga usaha tanaman hias itu mendapat imbas secara langsung. (h/rel/ril)   

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]