BERHASIL MERAIH EMAS

Taekwondoin Sumbar Mengamuk


Senin, 26 September 2016 - 01:39:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Taekwondoin Sumbar Mengamuk Atlet taekwondo Sumatera Barat Delva Rizki (kiri) mengekspresikan kegembiraannya seusai mengalahkan atlet taekwondo Jawa Barat Desyana Jayanti (kanan) saat final Taekwondo kategori Kyorugi kelas over 73 kg putri PON XIX di Gymnasium FPOK UPI, Bandung, Jabar, Minggu (25/9). (ANTARA )

BANDUNG, HALUAN — Taekwondoin Sumatera Ba­rat Delva Rizki berhasil men­ciptakan sejarah dengan menjadi taekwondoin Sum­bar pertama yang merebut medali emas di Pekan Olah­raga Nasional (PON) ke XIX di Bandung Jawa Barat, sete­lah mengalahkan atlet Jawa Barat di babak final, Minggu (25/9) di Gymasium FPOK UPI Bandung.

Penantian ini semenjak tahun 1985, dimana awal Sumbar ikut taekwondo di PON. Bonus yang didapat akan dipergunakan untuk menaikan haji orangtuanya. “Kunci mendapatkan medali emas ini adalah saya yakin bisa mendapatkannya. Bo­nus yang saya dapat akan saya pergunakan untuk me­naikan haji orang tua saya,” ujar Delva usai pertandingan.

Delva Rizki yang turun di no­mor kyurugi kelas over 73 kg putri ini berhasil meraih kemenangan dibabak per­tama atas Cyntia Dewi Putri da­ri Jawa Tengah. Delva yang tam­pil tenang mampu me­nang dengan skor 2-0 diba­bak per­tama. Dibabak kedua Del­va masih tetap unggul de­ngan skor 6-3. Di babak ke­tiga Delva mampu menu­tup ba­bak ketiga dengan skor 10-3.

Dibabak semifinal meng­hadapi Yuni Seiga dari Ban­ten, Delva berhasil menang dengan skor 9-6. Kedua taekwondoin yang bermain berhati-hati mengakhiri ba­bak pertama dengan skor 2-1 untuk Delva. Dibabak kedua masih bermain de­ngan hati-hati kedua atlet. Namun taekwondoin Banten berhasil menyamakan kedu­dukan menjadi 2-2. Baru dibabak ketiga keduanya ber­main terbuka. Namun Delva mampu menutup ba­bak ketiga dengan skor 9-6.

Di final Delva berha­da­pan dengan atlet Jawa Barat Desyana Jayanti. Meski tam­pil di babak final  dipenuhi dukungan suporter lawan tidak membuat mentalnya runtuh. Meski tampil saling hati-hati Delva mampu me­nang 2-1 di babak pertama. Di babak kedua permainan imbang 2-2. Di babak ter­akhir Delva mampu menang 5-1. Setelah meraih keme­nangan Delva lari sambil terisak dang mengibarkan jaket kebesaran atlet Sum­bar. “Target saya selanjutnya adalah menyelesaikan ku­liah saya,”ujar mahasiswa UNP tahun masuk 2012 ini.

Ketua TI Sumbar Han­drian­to mengaku bangga dengan pencapaian emas pertama di cabang taek­wondo semenjak 31 tahun lalu.” untuk juara di berbagai tingkat kami sudah pernah dan bahkan tingkat dunia. Namun dengan Raihan Delva ini melepas rasa penasaran saya terhadap emas PON,” ujar Handrianto.

Namun sayangnya, ke­ber­hasilan Delva meraih medali emas tidak diikuti oleh Ramon Satria yang turun di nomor kyurugi kelas under 74 kg putra. Ramon dikalahkan oleh taek­won­doin Kaltim dengan skor 17-0 dibabak pertama. “Saya bertanding kurang percaya diri. Sehingga saya ragu-ragu dalam melakukan penye­rangan,” ujar Ramon.

Pelatih Taekwondo Sum­bar Budi Ilyas dan Yusra me­ngatakan kalau taek­wondo ha­nya menargetkan satu me­dali emas. “Dengan raihan Delva ini kami sudah men­ca­pai target namun ka­mi ti­dak cepat puas dan be­ru­saha untuk menambah me­dali emas,”ungkap Budi Ilyas.

Pada hari ini Sumbar menurunkan Nanda Fajar Chakti di nomor kyurugi kelas under 58 kg putra. Se­dang­kan hari selasa (27/9) Sumbar menurunkan tiga taekwon­doin yaitu Olga Gha­fi di kelas under 80 kg putra, Marstio di kelas under 54 kg putra dan Fadhila Nesa di kelas under 67 kg putri. ”Kami mohon doa dan duku­ngan dari selu­ruh ma­syarakat Su­matera Barat agar para atlet taek­wondo ber­hasil meraih hasil yang ter­baik,” tutur Budi Ilyas. (h/san)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 15:17:17 WIB

    Enam Taekwondoin Yunior Sumbar Bertarung di Malaysia

    Enam Taekwondoin Yunior Sumbar Bertarung di Malaysia PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Sumatera Barat, Handrianto, melepas sembilan atlet taekwondo Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan Olahraga (LP3O) Sumbar ikut kejua.
  • Jumat, 21 April 2017 - 02:04:13 WIB

    Empat Taekwondoin Sumbar Berlaga di Banten Cup

    PADANG, HALUAN—Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Barat mengirim empat orang atlet untuk mengikuti Banten Open di Pandekglan, 22-23 April mendatang. Keempat atlet yang bertanding tersebut tidak d.
  • Sabtu, 18 Maret 2017 - 02:29:43 WIB

    Tiga Taekwondoin Sumbar Dipanggil ke Pelatnas

    PADANG, HALUAN—Pengurus Besar (PB) Taekwondo Indonesia (TI) memanggil tiga orang atlet yunior Sumatera Barat untuk mengikuti seleksi di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, 17-19 Maret. Seleksi ini dilakukan sebagai persiapan .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM