KULIAH UMUM MENTERI DESA PDTT DI UNP

Eko Janji Perjuangkan ADD Sumbar ke Kemenkeu


Jumat, 09 September 2016 - 02:54:17 WIB
Eko Janji Perjuangkan ADD Sumbar ke Kemenkeu Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat memberi kuliah umum di hadapan civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) di GOR UNP Padang, Kamis (8/9).
Dilanjutkan gubernur, bila tetap merujuk kepada PP Nomor 22 Tahun 2015, maka Sumbar berpotensi kehilangan ADD yang cukup besar dibanding daerah lain di Indonesia. “Jadi, melihat indikator ini kita meminta kepada pemerintah pusat untuk mem­perjuangkannya. Karena saat ini satu nagari yang kadang terdiri dari banyak desa mendapat ang­garan yang sama,” ungkapnya.

Di Sumbar, dari 880 penerima ADD, terbagi ke dalam 754 nagari dan 126 desa dengan besaran bervariasi. Bahkan jumlah pene­rima ADD ini akan bertambah pada 2019 mendatang apabila peme­karan 242 desa/nagari yang diajukan kabupaten/kota di­setujui.

Pada kesempatan itu, Guber­nur Irwan Prayitno menyebutkan molornya pencairan ADD di Sumbar karena pusat juga. Meski molor, IP_panggilan akrab­nya memastikan realisasi ADD hingga akhir tahun akan sampai 100 persen.

“Ini masalahnya kan di pusat. Ini kondisi secara nasional. Jadi, tidak masalah itu,” ujarnya ke­pada Haluan usai kuliah umum bersama Mendes dan PDTT  di GOR UNP.

Ditegaskannya, meski hingga saat ini dana tahap II masih molor dari rencana Agustus, Sumbar tetap optimis bisa mencapai realisasi 100 persen hingga akhir tahun. “Ya, gak apa-apa itu, yang penting 100 persen hingga akhir tahun. Ini kan juga perlu hati-hati. Perangkat nagari kalau tidak hati-hati bisa masuk penjara semua kepala desa,” ungkapnya.

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]