Asril Manan: Hidup Itu Harus Berani Menderita


Senin, 29 Agustus 2016 - 02:08:41 WIB
Asril Manan: Hidup Itu Harus Berani Menderita Asril Manan.

Pemilik dari Maily Motor Asril Manan mengajarkan banyak hal ten­tang hidup ini. Salah satunya adalah jika ingin sukses kita harus berani menderita.

Asril Manan yang saat ini telah memiliki lima cabang Maily Motor di Kota Padang menyatakan bahwa untuk menjadi sukses itu tidak akan diraih jika hanya berdiam diri. Kesuksesan tersebut harus dijemput. Dan jangan lupa untuk selalui me­yer­ta­kannya dengan doa kepada Allah SWT.

Merintis usahanya se­men­jak tahun 1978 tak di­dapatkan dengan mudah oleh Asril Manan. Dirinya harus memulai dari nol terlebih dahulu, bahkan beliau me­rasa­kan bagaimana rasanya tinggal di pasar. Benar-benar dimulai dari bawah sehingga bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang.

Tak selamanya juga usaha yang dijalankannya menuai kesuksesan. Dirinya hampir kehilangan usahanya karena akan dilelang oleh pihak bank pada tahun 1989. Namun berkat usaha dan doa yang tak pernah putus maka usaha­nya kembali bangkit, serta menuai kesuksesan seperti sekarang.

“Menjalani usaha, juga mengalami jatuh bangun. Kita harus dapat men­yi­kapi­nya dengan sabar. Ja­ngan sampai membuat se­mangat untuk meraih ke­suk­sesan hilang hanya gara-gara usaha yang kita jalani sedang tu­run,” pesannya.

Asril Manan juga me­nga­jarkan kepada anak-anaknya agar selalu menolong orang di sekitar. Karena rezeki yang dipunyai bukanlah milik kita saja. Ada hak orang yang dititipkan. Dirinya me­ngajar­kan bahwa kekikiran bu­kan­nya mendatangkan kekayaan melainkan akan membuat hidup tak bermakna.

“Berbelanja itu jangan mengikuti keinginan, tapi harus disesuaikan dengan kebutuhan,” tutur Asril Manan.

Banyaknya usaha seperti Maily Motor yang ber­mun­culan di Kota Padang, ia menanggapi dengan santai.  Katanya, persaingan itu jang­an ditakuti tetapi harus di­sikapi. Karena baginya sa­ing­an bukanlah lawan melainkan adalah kawan.

“Pembeli adalah sahabat. Setiap keluhan dari pembeli merupakan masukan kepada kita,” tutup Asril. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]