Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN


Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:31:49 WIB
Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN KESBANGPOL Sumbar memberikan pembekalan P4GN di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Selasa (2/8). (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALU­AN — Tingginya angka pe­ng­guna narkotika di Sumbar, menjadi perhatian yang serius bagi Pemrov Sumbar dalam menanggulangi bahaya pen­yalah­gunaan dan peredaran gelap narkoba.

Untuk menekan angka pengguna tersebut, Pemrov Sumbar melalui badan Ke­satuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berupaya terus, untuk melaksanakan kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Pere­daran Gelap Narkoba (P4­GN) bagi aparatur kabu­paten/kota, generasi muda, serta dinas/kantor di ling­kungan Pemrov Sumbar.

Kegiatan P4GN yang di­lak­sanakan ini sebagai tin­dak­lanjut Keputusan Presiden nomor 17 tahun 2012 dan intruksi Presiden nomor 3 tahun 2002 tentang penang­gulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap NAPZA.

Dalam Intruksi itu, inti­nya Presiden mengintruksi­kan kepada para pimpinan instansi pemerintah untuk mengambil langkah-langkah yang diper­lukan dalam rang­ka P4GN di lingkungan ma­sing-masing dengan meng­koordinasikan dengan Badan Narkotika Na­sio­nal (BNN) dan Badan Narkotika Pro­vinsi (BNP).

Demikian disam­pai­kan Gu­bernur Sumbar yang di­wa­kili Plt Badan Kebangpol Provinsi Sumbar, Zul Aliman ketika membuka secara resmi kegiatan pembekalan P4GN di Istana Bung Hatta Bukit­tinggi, Selasa (2/8). Kegiatan P4GN ini menghadirkan narasumber dari Pemrov Sumbar, Kementerian Dalam Negeri, BNN Sumbar, ke­polisian dan kesbangpol.

Menurut Zul Aliman, pembekalan yang dilaksana­kan selain untuk tersedianya tenaga penyuluh yang selama ini terfokus kepada Polri, juga dimaksudkan untuk mening­katkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Sumbar, agar memiliki kesatuan visi dan misi yang sama dalam upaya pencegahan bahaya penyalahgunaan  dan pere­daran gelap narkoba.

“Melalui kegiatan pem­bekalan P4GN, ke depannya diharapkan pemerintah dan masyarakat harus konsekuen dalam pemberantasan nar­koba. Karena, kita menyadari pengaruh negatif narkoba sangat buruk bagi pelaku maupun keluarganya dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar, M Ali Azhar menyatakan, pengguna nar­koba di  Sumbar saat  ini masih cukup tinggi. Tinggi­nya angka pengguna nar­kotika di Sumbar membuat BNN, terus berupaya me­rang­kul seluruh elemen ma­sya­rakat dalam upaya pene­kanan terhadap pengguna baru.

“Berdasarkan data peng­guna narkoba di Sumbar tahun 2015, tercatat sebanyak 63.352 pengguna yang terdiri dari  kalangan pekerja, pela­jar/mahasiswa, pengangguran dan rumah tangga,” terang Ali Azhar. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:58:09 WIB

    Jelang Pilkada, Kesbangpol Pasbar Ajak Masyarakat Jaga Situasi Kondusif

    Jelang Pilkada, Kesbangpol Pasbar Ajak Masyarakat Jaga Situasi Kondusif HARIANHALUAN.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengajak seluruh lapisan masyarakat dan peserta Pilkada agar dapat saling menghargai dan menjaga situasi agar tetap kondusif d.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 17:10:12 WIB

    Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel

    Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Tim Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba (TFP2N) menggelar sosialisasi pencegahan narkoba ke 15 sekolah yang ada di daerah itu..
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:01:25 WIB

    Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham

    Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham PASAMAN, HALUAN — Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pa­saman, implementasikan Ren­cana Aksi Nasional Hak Asasi Ma­nusia (Ranham) dalam me­laksanakan prog­ram dan ke­giatannya..
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 03:50:06 WIB
    Antisipasi Kekerasan Perempuan dan Anak

    Kesbangpol Pasaman Perkuat Komunikasi

    PASAMAN, HALUAN — Kan­tor Kesatuan Bangsa dan Po­litik (Kesbangpol) Pa­sa­man akan mengambil lang­kah stra­tegis untuk meng­an­tisi­pasi terjadinya potensi kon­flik dan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan an.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]