Relokasi Pedagang Siti Nurbaya, Syarat PU Dinilai Berat


Sabtu, 23 Juli 2016 - 04:18:08 WIB
Relokasi Pedagang Siti Nurbaya, Syarat PU Dinilai Berat Inilah Jembatan Siti Nurbaya Padang. Rencana pemindahan pedagang di jembatan ini terkendala syarat izin lokasi relokasi dari Kementerian PU yang dinilai memberatkan Pemko Padang.

PADANG, HALUAN —Realisasi pemindahan (relokasi) pedagang di Jembatan Siti Nurbaya yang direncanakan oleh Pemko Padang hingga kini belum ada kejelasan.

Hal ini terkait persyaratan izin lokasi untuk pemindahan pedagang dari Kementerian Pekejaan Umum (PU) yang dinilai sangat  memberatkan.

“Surat permintaan pema­kaian lokasi yang telah kami kirim ke kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera V Ke­men­terian PU memang telah diba­las.

Namun, dalam surat ba­lasannya terdapat persyaratan yang dirasa sangat mem­berat­kan,” kata Kepala Dinas Ko­perasi dan UMKM Kota Pa­dang, Yunisman kepada Ha­luan, Kamis (21/7).

Dijelaskannya, persyaratan yang memberatkan tersebut ada sistem sewa tempat dan pengelolaan pedagang tersebut harus dipegang oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V tersebut.

“Yang harus berada diba­wah pengelolaan Balai Wilayah Sungai Sumatera V ini yang membuat kami bingung. Di­tam­bah lagi ada lokasi yang memakai sistem sewa.

Padahal, pedagang di Jem­batan Siti Nurbaya itu se­muanya tergabung dalam se­buah Koperasi dan Koperasi tersebut dibawah koordinasi Pemko Padang,” tuturnya.

Ia juga mengatakan se­karang ini Dinas Koperasi dan UMKM sedang dilema perihal persoalan ini. Pasalnya, pemin­dahan pedagang harus dila­kukan sesuai dengan instruksi Walikota Padang. Namun, persoalan tempat sampai saat ini masih belum jelas.

“Tidak mungkin kami me­mindahkan paksa pedagang yang kami kelola sendiri. Se­dangkan lokasinya belum jelas. Ini sama saja membunuh anak sendiri,” katanya.

Namun menyikapi hal ini, Yunisman masih mencari wak­tu untuk mengumpul segala pihak yang terkait untuk me­musyawarahkan persoalan pe­mindahan pedagang ini. Bagai­mana nantinya realisasi pemin­dahan pedagang di jembatan Siti Nurbaya ini.

“Nanti kami kumpulkan seluruh pihak yang terkait untuk mencari solusi pe­min­dahan pedagang di Jembatan Siti Nurbaya ini.

Yang jelas saat ini pe­dagang belum bisa dipindahkan dan bagaimana realisasinya masih belum jelas dengan adanya persyaratan yang di­minta oleh Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera V Ke­men­terian PU.

Apakah kami setuju atau tidak itu tergantung hasil mu­sya­warah nantinya. Jika tidak, berarti kami harus berunding kembali dari awal,” tutup Yu­nisman. (h/mg-ang)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 10:55:18 WIB

    Terdampak Abrasi, Warga Pantai Air Manis akan Direlokasi

    Terdampak Abrasi, Warga Pantai Air Manis akan Direlokasi Nantinya, jika gelombang masih tinggi dan tidak ad perubahan, maka ia akan mengerahkan Bhabinkantibmas untuk mensiagakan lokasi tersebut..
  • Kamis, 23 Maret 2017 - 15:48:30 WIB

    Di Padang, Relokasi Pedagang Pasar Tanpa Rusuh

    Di Padang, Relokasi Pedagang Pasar Tanpa Rusuh PADANG,HALUAN—Sebagian dari 320 pedagang yang berjualan disekitar badan Jalan Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan, mulai berdagang di lantai dua bangunan Pasar Bandar Buat..
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 11:26:33 WIB

    Relokasi, Puluhan Lapak Pedagang Pasar Banda Buek Dibongkar

    Relokasi, Puluhan Lapak Pedagang Pasar Banda Buek Dibongkar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Puluhan lapak pedagang di Pasar Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang dibongkar oleh petugas gabungan dari Pol-PP, TNI dan Polri. Hal itu dilakukan untuk merelokasi pedagang ke bangunan .
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 16:07:21 WIB

    Pengerjaan Inpres III dan IV Dimulai, Pedagang Direlokasi ke Jalan Sandang Pangan

    Pengerjaan Inpres III dan IV Dimulai, Pedagang Direlokasi ke Jalan Sandang Pangan PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Pasar Padang Endrizal, Selasa (2/8) mengatakan, sekitar 650 pedagang terpaksa harus berjualan di sepanjang Jalan Sandang Pangan. Pasalnya, pembangunan Inpres IV dan Inpres III saat ini mulai dike.
  • Senin, 21 Maret 2016 - 04:52:32 WIB
    Jembatan Siti Nurbaya Dibenahi

    41 PKL Segera Direlokasi

    PADANG, HALUAN — Sebanyak Rp650 juta Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang akan digunakan untuk merelo­kasi atau memindahkan 41 PKL jembatan Siti Nurbaya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]