Pemuda Bukit Bais dan Sungai Durian Kabupaten Solok Nyaris Cakak Banyak


Rabu, 06 Juli 2016 - 19:44:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemuda Bukit Bais dan Sungai Durian Kabupaten Solok Nyaris Cakak Banyak Ilustrasi-Net

SOLOK, HALUAN—Ditengarai karena masalah muda-mudi, dua pemuda dari dua nagari bertetangga di Kecamatan Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Sumbar,  nyaris memancing ‘cakak banyak’, Selasa (5/7). Perselisihan yang merembet ke masalah tapal batas Nagari Bukit Bais dan Nagari Sungai Durian ini, dapat diantisipasi oleh petugas Polsek Sungai Lasi dan petugas dari Polres Solok Kota, hingga berujung perdamaian.

Kapolres Solok Kota AKBP Susmelawati Rosya melalui Kasat Sabhara AKP Poniman menyebutkan, cekcok antara dua kubu pemuda dari dua nagari bertetangga ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, atau sesaat sebelum masyarakat setempat berbuka puasa pada hari terakhir bulan Ramadan 1437 H. Mendadak tumbuh perselisihan antar pemuda yang diduga dipicu oleh persoalan muda-mudi. "Tetapi perkelahiran dapat segera kita antisipasi, sehingga tidak terjadi bentrok," kata AKP Pojokan menjawab Haluan, Rabu (6/7).

Kapolsek Sungai Lasi AKP Safar yang mendapat informasi dari warga terkait adanya perselisihan yang berpotensi ‘cakak banyak’ ini, langsung datang ke lokasi bersama jajarannya. Kapolsek bahkan segera menginformasikan kejadian ini ke Mapolres Solok Kota, sehingga Kapolres  AKBP Susmelawati Rosya ikut turun bersama Kasat Sabhara AKP Poniman dengan mengerahkan satu pleton anggota.

AKP Poniman menambahkan, sebelum terjadi bentrok,  pihaknya berhasil melokalisir kedua kubu pemuda yang telah siap melakukan aksi cakak banyak. Masing-masing pemuda ada yang membawa senjata kayu, ladiang dan bahkan senjata tajam lainnya. "Tetapi tidak terjadi bentrok, baru sebatas mengancam-ancam. Petugas segera mengantisipasi perkelahian," ujar Poniman.

Menyiasati agar konflik antar pemuda tidak merebak menjadi cakak banyak antar nagari ini, Kapolres Solok Kota bersama Camat Sungai Lasi dan Muspika setempat berusaha melakukan musyawarah dengan pemuka masyarakat Bukit Bais dan Sungai Durian. Sehingga, konflik muda-mudi yang merembes ke masalah tapal batas nagari itupun dilakukan perundingan di kantor camat Sungai Lasi.

Hingga pukul 01.00 dini hari, perundingan itupun mulai menunjukkan titik terang dengan beberapa kesepakatan diantaranya masyarakat di dua nagari bertetangga ini sepakat untuk kembali saling menjaga suasana kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing. (h/ndi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 November 2018 - 16:52:36 WIB

    Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah  

    Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah   SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Peranan generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan. Bukan saja karena pemuda sebagai lapisan masyarakat paling besar, namun yang paling penting adalah tanpa potensi dan kreativitas genera.
  • Senin, 10 April 2017 - 11:14:15 WIB

    Pemuda Diajak Kuasai Bahasa Asing

    PASBAR, HALUAN - Bupati Pasaman Barat, Syahiran melantik kepengurusan Ikatan Mahasiswa, Pelajar dan Pemuda Pasaman Barat (Imap Pasbar) Pekanbaru Riau periode 2016-2017 di Gedung Graha Pena Riau Pekanbaru, Minggu (9/4). .
  • Rabu, 22 Februari 2017 - 18:38:56 WIB

    14 Pemuda Berangkat ke Malaysia

    PAYAKUMBUH, HALUAN- Walikota Payakumbuh Riza Falepi menegaskan, kesehatan dan disiplin harus dijaga serta manfaatkan waktu yang ada untuk meraih pengetahuan di tempat magang. Supaya nanti ilmu yang didapatkan berguna dimanapu.
  • Senin, 31 Oktober 2016 - 00:51:39 WIB

    Pemuda Berperan dalam Pengembangan Daerah

    SOLSEL, HALUAN — Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel), Armen Syahjohan menyatakan pemuda sebagai ujung tombak dalam pemba­ngunan serta pengembangan potensi daerah. Hal itu dikatakan Armen Syahjohan pada Haluan, Minggu,.
  • Sabtu, 29 Oktober 2016 - 12:53:15 WIB

    Peringati Sumpah Pemuda, Bupati Pasbar : Beri Aku 10 Pemuda Aku Guncangkan Dunia

    Peringati Sumpah Pemuda, Bupati Pasbar : Beri Aku 10 Pemuda Aku Guncangkan Dunia PASBAR, HALUAN---Memperingati hari sumpah pemuda yang ke 88, Bupati Pasaman Barat Syahiran mengajak seluruh pemuda untuk berprestasi, berbuat, demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Tidak hanya di kancah nasional, namu.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM