Prodi Jinayah Siyasah IAIIN IB Dinilai BAN-PT


Senin, 27 Juni 2016 - 05:44:11 WIB
Prodi Jinayah Siyasah IAIIN IB Dinilai BAN-PT Prodi Jinayah dan Siyasah (hukum Pidana Islam dan Hukum Tata Negara) pada Fakultas Syari’ah IAIN Imam Bonjol Padang divisitasi oleh tim BAN-PT. Rektor Eka Putra Wirman, berdiskusi dengan tim saat di aula fakultas setempat, Rabu, (22/6). (HUMAS)

PADANG, HALUAN—Tim Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) visitasi program studi (prodi) Jinayah Siyasah atau hukum pidana Islam dan Hukum Tata Negara (HTN) pada Fakultas Syari’ah IAIN Imam Bonjol Padang. Prodi tersebut selama ini masih terakre­ditasi B dan mengharapkan bisa meningkat menjadi A.

Rektor IAIN IB Padang Eka Putra Wirman, saat ber­tatap muka dengan tim vi­sitasi yang diketuai oleh Ahmad Luthfi Hamidi dan Juanda, Rabu, (22/6) di rua­ng pertemuan Fakultas Sya­ri’ah, mengakui pihaknya optimis bisa meraih peringkat terbaik.

“Bukan hanya satu fa­kul­tas yang kita fokuskan. Tapi lima fakultas lainnya seperti Adab dan Humaniora, Dak­wah dan Ilmu Komunikasi, Tarbiyah dan Keguruan, Us­hu­luddin dan FEBI serta Program Pascasrajana S,2 dan S,3 yang masih tera­kreditasi B dipacu menjadi A. Ini harga mati,” ucap Eka.  

Ia juga mengatakan, saat ini baru dua prodi yang me­ngan­tongi pengakuan dari BAN-PT berakreditasi A dari 36 prodi yang ada. Dua prodi yang terakreditasi A itu ada­lah Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan terbaru Al-Ahwal asy-Syak­hsi­yhiy­yah atau hukum keluarga pada Fakultas Syari’ah.

Khusus untuk prodi yang masih tersisa dengan status terakreditasi B, tambah Eka Putra Wirman, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi sudah harus membenahi diri hingga meraih akreditasi A. Tujuannya agar secara ke­lem­bagaan institusi ini te­rak­re­ ditasi A karena ini semua sudah menjadi ketentuan yang tidak bisa ditawar-tawar. Hal ini sejalan pula program IAIN mewujudkan rencana pembangunan kam­pus III IAIN Imam Bonjol Padang dengan sumber dana Islamic Development Bank (IDB).

“Kita bersyukur lembaga ini sudah masuk dalam daf­tar penerima bantuan. Ada­pun tekhnisnya terhadap realisasi bantuan ter­se­but diserahkan kepada Bap­penas. Tapi kita ber­ha­rap akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 sudah bisa di laksanakan di kampus III Sungai Bangek. Sebelum jadwal tersebut di­realisasi­kan, secara keseluru­han status tanahnya sudah harus punya kepastian hukum te­tap, ’’ka­tanya di hadapan dua mantan Rektor Makmur Syarif dan Asasriwarni, Warek I Ikh­wan, Warek II Firdaus dan Dekan Muchlis Bahar.  

Sementara itu, tim visitasi Ahmad Lufhti dan Juanda di sela-sela acara tersebut men­jelaskan, secara substansi pihaknya melakukan pen­i­laian secara profesional. Tidak ada istilah neko-nekoan.

“Yang kami baca dan visitasi hanyalah yang ada dan kami berikan nilai. Jadi disitulah kata kunci sistem kerja kami sebagai tim dari BAN-PT ini. Kerja kami sederhana sekali dan menilai apa adanya. Data yang telah dikirim akan dikonfirmasi ke lapangan. Mencocokan yang dikirim dengan data yang ada di kampus ini. Termasuk kunjungan ke bagian-bagian yang satu dengan lainnya saling terkait akan divisitasi,” terangnya.

Dekan Fakultas Syariah Muchlis Bahar bersama tim­nya kepada wartawan men­jelaskan bahwa, empat prodi yang ada seperti Al-Ahwal asy-Syakhshiyyah (hukum keluarga) pada tahun 2016 telah divisitasi oleh tim BAN-PT, hasilnya terakreditasi A. Tinggal lagi tiga prodi yang masih tera­kreditasi B segera di ting­katkan menjadi A. Dian­taranya, Perbandingan Maz­hab & Hukum, Jinayah dan Siyasah  (Pidana dan Politik Islam) serta Mu’a­malah (bisnis Islam).

“Kita berharap setelah ini ketiga jurusan yang B segera menjadi A. Dan kita optimis untuk men­dapat­kannya. Mu­dah-mudahan bisa terwujud,” jelas Buya Muchlis. (h/eni).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 September 2016 - 03:08:52 WIB

    Prodi Gizi Unand Jalin Kerja Sama dengan Pergizi Pangan Indonesia

    Prodi Gizi Unand Jalin Kerja Sama  dengan Pergizi Pangan Indonesia PADANG, HALUAN—Per­him­punan Pakar Gizi dan Pa­ng­an (Pergizi Pangan) Indo­nesia, bekerja sama dengan Pra Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas menga­dakan seminar ilmiah nasional y.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:59:24 WIB

    Prodi Sastra Indonesia UNP Raih Akreditasi A

    Prodi Sastra Indonesia UNP Raih Akreditasi A PADANG, HALUAN — Program Studi (Prodi) Sastra Indoesia Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil meraih akreditasi A. Hal itu ditetapkan BAN-PT melalui surat keputusan nomor 1123/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2016 dan berlaku hingga.
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 04:15:51 WIB

    Prodi Biologi UBH Sasar Akreditasi A

    Prodi Biologi UBH Sasar Akreditasi A PADANG, HALUAN— Program studi Pendidikan Biologi Universitas Bung Hatta (UBH) telah dibuka sejak tahun 2007 dan telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)..
  • Sabtu, 11 Juni 2016 - 04:01:38 WIB

    Dirut BNI Syariah: Lulusan Prodi Syariah Kalah Bersaing

    PADANG, HALUAN — Lu­lusan program studi syariah yang dihasilkan perguruan tinggi di Indonesia belum dapat bersaing pada lembaga-lem­baga bisnis yang ada. Banyak persoalan yang membuat me­reka kalah bersaing dengan lulusa.
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 05:19:19 WIB

    AKBP-STIE KBP Siap Buka Prodi Perpajakan

    AKBP-STIE KBP Siap Buka Prodi Perpajakan PADANG, HALUAN — Akademi Keuangan dan Perbankan Pembangunan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (AKBP-STIE KBP) Padang berencana membuka program studi baru DIII Perpajakan. Pembukaan Prodi in.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]