Pelaksanaan Ibadah Ramadan Di Lantai Dasar

Pembangunan Masjid Raya Sumbar Dilanjutkan


Sabtu, 04 Juni 2016 - 05:19:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pembangunan Masjid Raya Sumbar Dilanjutkan

PADANG, HALUAN — Karena ada lanjutan pengerjaan, lantai satu Masjid Raya ternyata tidak bisa digunakan Ramadan tahun ini. Aktivitas ibadah terpaksa dialihkan pada lantai dasar.

Sementara Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ra­madan tahun ini bertepatan pada 6 Juni. Sedangkan untuk resmi pemerintah masih me­nunggu sidang isbad.

“Aktivitas ibadah di lantai dua masjid kita pindahkan pada lantai dasar. Karena lantai dua akan dikerjakan untuk lanjutan pembangunan,”sebut Kepala Bi­dang Keagamaan Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar, Ju­maidi, Jumat (3/6) kemarin.

Dengan pengerjaan ter­sebut,  otomatis semua kegiatan di lantai satu tidak dapat dilak­sanakan. Karena pengerjaan berlangsung hingga Oktober 2016.

Dikatakannya, sesuai de­ngan perencanaan pem­ba­ngu­nan Masjid Raya Sumbar dilan­jut­kan pada 2016 dengan total ang­garan Rp38 miliar. Ang­garan tersebut dialokasikan ba­gi penyelesaian lantai II dan dinding.

Sementara untuk kontrak pengerjaan dimenangkan oleh perusahaan dari Jakarta, dengan nilai Rp33 miliar. Dengan itu pengerjaan akan berlanjut hing­ga Oktober 2016. Sementara dana dari Kementerian Pe­ker­jaan Umum Rp11 miliar juga akan dikerjakan untuk pem­buatan landscape halaman depan.

“Selain pengerjaan lantai dua, dari Kementerian PU juga akan mengerjakan halaman depan,”sebutnya.

Sekarang proses pem­ba­ngu­nan Masjid Raya Sumbar telah mencapai 65 persen, tinggal 35 persen lagi. Untuk melanjutkan pembangunan Masjid Raya Sumbar, masih membutuhkan sekitar Rp127 miliar lagi. Sementara dana yang telah teralokasi 2016 senilai Rp71,5 miliar.

Terdiri dari Rp38 miliar dari APBD Sumbar, Rp22,5 miliar bantuan keuangan provinsi lain dan Rp11 miliar dari APBN.

Pungutan Liar

Untuk kenyamanan jemaah, pengurus masjid dan Biro Bina Sosial Setdaprov Sumbar telah menertibkan pungutan liar terhadap parkir di Masjid Raya Sumbar yang salama ini dike­luh­kan. Pemprov me­nem­pat­kan petugas Satpol PP di Masjid Raya Sumbar. Sementara untuk parkir sandal, pengunjung ti­dak per­lu membayar parkir.

“Untuk parkir sendal, jika memang ada yang memberikan suka rela tidak masalah, tapi kami mengimbau pengunjung tidak perlu terbebani dengan parkir sandal tersebut,” kata Jumadi.(h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Desember 2017 - 11:06:48 WIB

    Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang

    Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan biaya pembangunan landmark di Gunung Padang yang menghabiskan biaya Rp6,3 Miliar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang melalui Kepala Bidang Bina Marga He.
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:40:30 WIB

    Pemko Anggarkan Pembangunan Plang KA

    Pemko Anggarkan Pembangunan Plang KA PADANG, HARIANHALUAN.COM — Soal plang pada pintu perlintasan kereta api (KA) yang belakangan banyak memakan korban direspon Pemko Padang. Wako Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, pihaknya sudah menganggarkan Rp800 juta untuk .
  • Senin, 14 Agustus 2017 - 10:44:23 WIB

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang JAWA TENGAH HARIANHALUAN.COM—Memasuki era desentralisasi, partisipasi publik dalam mempercepat pembangunan daerah sangat diperlukan. Salah satu organisasi asal Sumatra Barat yang mengambil peran strategis tersebut adalahpul.
  • Selasa, 01 Agustus 2017 - 16:06:28 WIB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kota Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang diselenggarakan di delapan kota besar Indonesia. .
  • Rabu, 12 April 2017 - 08:50:45 WIB

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh PADANG, HALUAN - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin, berharap pengembangan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turut didukung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebagai daerah terdekat dengan Ka.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM