Aston Villa Dibeli Pengusaha Cina


Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:28:37 WIB
Aston Villa Dibeli Pengusaha Cina

Newcastle, Ha­luan — Meski musim depan dipastikan ter­degradasi ke Cham­pion­ship Division, Aston Vil­la tak sepi peminat. Pe­milik Villa, Randy Ler­ner, Kamis (19/5), menjual mayoritas saham klub ke pengusaha asal Cina, Dr Tony Jiantong Xia.

Lerner me­nga­kui­sisi Aston Villa pada tahun 2006 dengan harga (Rp 1,2 triliun). Sang pengusaha asal Amerika Serikat (AS) itu sebenarnya sudah ingin menjual ma­yoritas saham Villa pada ta­hun 2014. Namun, kes­e­pa­katan baru terealisasi pada tahun 2016.

“Aston Villa FC secara bangga mengumumkan bah­­wa telah tercapai kese­pakatan untuk menjual 100 persen saham klub milik Randy Lerner ke Recon Group yang dipimpin oleh Dr Tony Jiantong Xia. Pro­ses akusisi tinggal me­nung­ gu persetujuan dari Premier League dan Football Lea­gue,” demikian pernyataan resmi Aston Villa.

“Randy Lerner dalam beberapa tahun lalu men­cari pemilik baru untuk Aston Villa, yang mampu merawat klub dan me­ngem­balikan kejayaannya. Lerner yakin bahwa Tony Xia ada­lah orang yang te­pat,” sam­bung pernyataan tersebut.

Namun, Xia harus me­nunggu agak lama agar A­s­ton Villa bisa kembali ber­laga di Premier League. Pasalnya. Villa musim ini terdegradasi ke Cham­pion­ship Division setelah me­nempati posisi ke-20 kla­semen akhir Premier Lea­gue 2015-2016 dengan me­ngemas 17 poin.

“Recon Group adalah perusahaan pribadi milik Xia yang mengontrol lima peru­sahaan publisistas dan Bursa Saham Hong Kong dan Cina. Dia juga me­miliki beberapa perusahaan lain dengan k­a­ryawan men­capai 35 ribbu orang di 75 negara,”ujarnya.

“Dr Xia adalah seorang penyerang pada saat kuliah dan sepak bola adalah has­rat terbesarnya. Dia me­mutuskan untuk membeli klub sepak bola ikonik di Inggris sebagai batu pijakan olah raga, dan perusahaan travel miliknya. Dia sudah lama menjadi penggemar Aston Villa dan amat se­nang menjadi pemilik ba­ru,”jelasnya.

Kejadiran Dr Xia lang­sung menghembuskan ru­mor baru di tanah Inggris. Aston Villa dikabarkan akan me­nun­juk pelatih yang sukses membawa Chelsea meraih trofi Liga Cham­pions, Rober­to Di Matteo, sebagai juru racik taktik klub musim depan.

“Tujuan utama Dr Xia adalah mengembalikan As­ton Villa ke Premier League dan membawa klub mengakhiri musim di posisi enam besar. Dia juga ber­janji menjadikan Aston Villa sebagai klub paling terkenal di Cina dengan fan base besar,” tutup per­nya­taan tersebut. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]