Sosialisasi 4 Pilar MPR

Nofi Candra : Pemuda Jangan Hanya Berorientasi Jadi Pegawai


Sabtu, 23 April 2016 - 04:33:31 WIB

Arosuka, Haluan — Ge­nerasi mendatang sejatinya tak melulu berorientasi untuk men­jadi seorang pegawai negeri sipil, namun banyak peluang yang bisa dijadikan untuk me­ngak­tu­a­lisasikan diri. Dengan terjun ke dunia Wirausaha tak hanya berguna untuk mengembangkan diri sendiri, namun juga akan memberikan manfaat kepada orang lain, karena juga akan membuka lapangan kerja baru.

Hal ini disampaikan Ang­gota DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra SE, menanggapi rencana karang taruna Bari­ngin Baro Salayo membuka program usaha pasar kuliner, saat melaksanakan kegiatan sosialisasi empat pilar MPR di Salayo, kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Kamis (21/4). Para pemuda yang ber­nuang dalam sebuah orga­nisasi, kata Nofi memang sepa­tut­nya mengembangkan ber­bagai kegiatan yang mengarah pada kewirausahaan.

“Menjadi wirausahawan, tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga akan mem­buka lapangan kerja baru bagi orang lain,” kata senator muda yang juga seorang pengusaha NC Plaza ini. Selain anggota dan jajaran pengurus Karang Taruna, ikut hadir pada ke­giatan sosialisalisasi itu pemuka masyarakat dan se­jumlah ninik-mamak, juga tampak kaum bundo Kan­duang nagari tersebut.

Selain membuat ke­si­buk­kan dengan meggiatkan ke­senian tradisional randai, tari piring dan pencak silat, Nofi mengatakan pentingnya so­sia­lisasi wirausaha sebagai bidang kehidupan yang perlu dipi­kir­kan dan dipilih oleh anak-anak muda. “Tidak harus semuanya. Tapi kita harus berani me­mulai. Jangan hanya me­mi­kirkan menjadi pegawai negeri saja,” ujar Nofi.

Nofi memandang perlu dipersiapkan pemuda yang berdaya saing tinggi di segala bidang. Melalui organisasi kepemudaan yang kreatif, pi­haknya optimistis akan me­mun­culkan. pemuda-pemuda yang berdaya saing di segala bidang kehidupan, apakah sebagai budayawan, penggiat kesenian, wirausahawan pe­ngusaha, ilmuwan, atau olah­ragawan.

Kecuali memotivasi sikap kewirausahawan, Nofi juga menggugah agar pemuda dan se­mua masyarakat agar me­miliki jalinan persaudaraan yang sangat erat. Hal itu dida­sari atas kekhawatiran me­mudarnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial. “ Tentu saja gejala itu sangat meng­kha­watirkan bagi kehidupan ber­bangsa dan bernegara, yang semakin hari semakin jauh dari jati dirinya,” jelasnya.

Lantaran itu, dalam ka­pa­sitasnya sebagai anggota MPR-RI, Nofi Candra melalui lem­baga legislatif akan terus be­r­usaha menghidupkan kembali nilai-nilai tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan dengan mensosialisasikan 4 Pilar MPR RI, yang mencakup Pan­casila sebagai Dasar dan Ideo­logi Negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara & Ketetapan MPR, Negara Ke­satuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Sebelumnya, ketua Karang taruna Baringin Baro Benny Candra mengatakan, me­nge­lola organisasi tidak mungkin tanpa adanya kegiatan yang mengarah kepada pe­ngem­bangan usaha. Organisasi akan lesu bila hanya berorientasi hanya kepada program-pro­gram sosial dan kesenian. “ Karena alasan itu, saya ber­sama pengurus dan pemina karang taruna, ingin meng­upayakan usaha kuliner di pasar nagari yang diyakini mampu berkembang bila di­kelola dengan manajemen yang baik,” ujarnya.

Pasar kuliner tersebut, meng­­arah kepada spesifikasi ma­­kanan yang lebih me­non­jolkan selera lokal. Dengan membuka usaha kecil-kecilan, diharapan pemuda yang ber­naung dalam karang taruna menjadi produktif dan ber­manfaat secara ekonomi. “Kita gem­bira karena mendapat du­kungan penuh dari pengusaha dan tokoh pemuda yang se­karang telah menjadi anggota DPD-RI,” kata Benny. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 15:00:01 WIB

    Nofi Candra Sambangi Korban Pohon Tumbang

    Nofi Candra Sambangi Korban Pohon Tumbang AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Musibah pohon tumbang yang menimpa rumah kayu milik mak Jun (58), warga Pasa Usang nagari Alahan Panjang kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, mengusik empati dari senator Anggota DPD-RI H. No.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 01:31:44 WIB

    Disebut Layak Gantikan Irwan Prayitno, Nofi Candra: Saya Sudah Jadi 'Gubernur Tani'

    Disebut Layak Gantikan Irwan Prayitno, Nofi Candra: Saya Sudah Jadi 'Gubernur Tani' SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Dalam sebuah acara silaturahim di nagari Saningbaka Kab. Solok, Gubernur Sumatera Barat Irwan Priyitno (IP) menyebut Anggota DPD RI Nofi Candra sudah layak untuk manjabat sebagai Gubernur..
  • Selasa, 19 Juni 2018 - 17:59:56 WIB

    Dinilai Potensial, Nofi Candra Ditantang Irwan Prayitno Maju di Pilgub Mendatang

    Dinilai Potensial, Nofi Candra Ditantang Irwan Prayitno Maju di Pilgub Mendatang SANIANGBAKA, HARIANHALUAN.COM-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (IP), menantang senator DPD RI H.Nofi Candra untuk maju bertarung pada pemilihan Gubernur Sumatera Barat mendatang. .
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 09:45:15 WIB
    Pimpinan DPD RI Turun Tangan

    Nofi Chandra: Basko Simbol Kebangkitan Pascagempa

    Nofi Chandra: Basko Simbol Kebangkitan Pascagempa PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polemik eksekusi lahan Basko Hotel dan Grand Mall mendapat perhatian serius Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Pimpinan DPD turun tangan membahas masalah ini. Dalam waktu dekat, DPD akan melakukan .
  • Sabtu, 30 September 2017 - 04:09:54 WIB

    Nofi Candra Bantu Korban Bencana di Solsel

    Nofi Candra Bantu Korban Bencana di Solsel SOLOK SELATAN, HALUAN - Senator DPD RI asal Sumbar, Nofi Candra kembali menyalurkan bantuan kepada para korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]