Kesepakatan Warga Kuranji

Penggunaan Fasum Diatur, Pekat Digusur


Jumat, 22 April 2016 - 04:26:24 WIB

PADANG, HALUAN—Pe­mu­ka masyarakat dan Musya­warah Pemerintah Kecamatan (Muspika) Kuranji telah mem­buat kesepakatan de­ngan warganya.

Warga tidak dibenarkan lagi seenaknya menggunakan Fasilitas Umum (Fasum) un­tuk kepentingan pribadi, se­lain juga sepakat untuk mem­berantas berbagai pe­nyakit masyarakat (pekat).

Kesepakatan terse­but su­dah dilaunching pada 24 Maret lalu, saat penutupan MTQ ting­kat Kecamatan Ku­ranji. Kesepakatan tersebut terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Camat Kuranji, Rach­ma­denny Dewi Put­ri pada Haluan di Padang, ke­marin me­nye­butkan, ha­sil ke­se­pakatan yang telah diso­siali­sasi­kan kepada war­ga tersebut agar dip­a­tuhi.

Hal itu demi kebai­kan bersama khususnya warga Kuranji. Hasil kese­pa­katan yang telah ditan­datangani tokoh ma­syarakat Kuranji ter­sebut ada beberapa isi­nya.

Diantaranya pada acara persepsi per­ni­kahan, harus me­miliki surat keterangan izin kera­maian dari ke­po­lisian se­tempat yang dilengkapi surat re­ko­mendasi dari RT dan lurah.

“Jika menggunakan orgen tunggal pada ma­lam hari ha­nya diizinkan sampai pukul 24.00. Selama acara ber­lang­sung tidak dibe­narkan menye­diakan minu­man keras, nar­koba, judi dan penyakit ma­syarakat lain­nya,”kata Rach­madenny.

Ia menambahkan, pe­nya­nyi dan penari orgen tunggal harus memakai pakaian yang sopan dan tidak seronok. Tidak dibenarkan memakai badan jalan kecuali ada izin dari kepolisian.

Penyelenggara wajib men­jaga ketertiban dan keaga­manan acara, baik pengisi acara maupun tamu unda­ngan. Acara yang ditam­pilkan tidak boleh me­langgar norma-norma kesopanan dan nor­ma adat.

Pengelolaan sam­pah sela­ma ke­giatan tang­gung­jawab panitia p­e­lak­sana. Apabila melanggar kese­pakatan di atas, maka pihak ber­wajib setempat berhak meng­hen­tikan acara tersebut.

Ketua DPC LPM Kuranji, Ir­wan Basyir me­nye­butkan kese­pakatan tersebut telah diso­sia­lisasikan seluruh ele­men masya­rakat, agar tidak lagi seenaknya.

Kapolsek Kuranji Jhon Priyono menyambut baik ada­nya kesepakatan tersebut, demi kebaikan bersama. “Sa­ya menyambut positif adanya kesepakatan tokoh masya­rakat ini, salah satu meringan­kan tugas aparat kepolisian,” tambahnya.(h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:58:26 WIB
    2017 PEMERINTAH BERENCANA PANGKAS SUBSIDI

    Penggunaan Elpiji 3 Kg Belum Tepat Sasaran

    Penggunaan Elpiji 3 Kg Belum Tepat Sasaran PADANG, HALUAN — Pemerintah berencana me­mangkas subsidi elipiji 3 kg. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2017 tercatat alokasi anggaran subsidi LPG tabung 3 kg sebesar Rp 31,98 triliun. Angka itu .
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 16:09:53 WIB

    DPRD Dukung Larangan Penggunaan Buku LKS di Sekolah

    DPRD Dukung Larangan Penggunaan Buku LKS di Sekolah PADANG, HALUAN---Komisi IV DPRD Kota Padang mendukung aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengenai pengadaan buku pelajaran yang direkomendasikan bagi pihak sekolah. Penggunaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) juga, s.
  • Rabu, 24 Februari 2016 - 02:08:38 WIB
    Daerah Harus Miliki Inisiatif

    Aturan Penggunaan Senjata Rakitan

    PADANG, HALUAN — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar me­minta Polres setiap kabupaten/kota memiliki inisiatif untuk membuat aturan tentang pembatasan penggunaan senjata rakitan..
  • Sabtu, 16 Januari 2016 - 03:10:14 WIB

    Publik Perlu Edukasi Penggunaan Jalan

    PADANG, HALUAN — Dinas Perhubungan, Komuni­kasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Padang, mengatakan publik perlu mendapatkan edukasi terkait penggunaan jalan umum untuk kepentingan lain, termasuk pendirian tenda pesta ol.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]